3 Skincare Yang Sebaiknya Digunakan Malam Saja

Menggunakan produk skincare di waktu yang salah dapat mempercepat proses penuaan lho! Hari ini saya mau share mengenai beberapa produk skincare yang sangat efektif di malam harı, tetapi jika digunakan di pagi hari, malah sebaliknya.

 

1. AHA & BHA

Keduanya merupakan chemical exfoliant yang sangat efektif mengangkat sel kulit mati, membuat kulit terlihat lebih halus dan cerah. AHA (alpha hydroxy acid) seperti glycolic acid dan lactic acid juga membantu merangsang produksi kolagen, sedangkan BHA seperti salicylic acid membantu mengatasi jerawat.

Apapun yang mengangkat sel kulit mati berarti membuat kulit rentan terhadap sinar matahari. Sel kulit mati yang ada diatas permukaan kulit itu nggak sepenuhnya useless, ia juga memiliki fungsi, yaitu untuk melindungi sel-sel kulit baru yang belum siap untuk muncul ke permukaan. Dasarnya, jika kita menggunakan chemical exfoliant seperti ini, kita akan menghapus sebuah lapisan, which means menipiskan kulit (not a big deal karena sel kulit akan regenerasi lagi).

Baca juga: Some By Mi AHA BHA PHA Toner: Beneran Bagus?

Saat sinar UV mengenai wajah kita yang sudah tereksfoliasi, kulit kita menjadi less protected, sehingga lebih rentan terkena sun damage. Tapi, menghindari eksfoliasi secara keseluruhan juga data menimbulkan masalah, seperti menumpuknya sel-sel kulit mati yang akan jadi komedo dan jerawat.

Jadi, saya sarankan untuk menggunakan skincare yang mengandung AHA dan BHA di malam hari, dan kemudian selalu gunakan sunscreen di pagi hari. Bagi yang punya kulit sensitif boleh menggunakan AHA dan BHA nya 2-3 kali seminggu instead of setiap hari.

 

2. Retinol

Kemudian produk kedua adalah Vitamin A, atau yang sering kita sebut retinol. Retinol bisa disebut sebagai magic ingredient di dalam skincare, karena nggak hanya bisa melawan kerutan, dark spots dan jerawat, tetapi retinol juga mampu mempercepat pergantian sel dan juga merangsang produksi kolagen.

Baca juga: Mau Pakai Retinol Mulai Dari Mana Ya?

Retinol sebaiknya digunakan di malam hari karena retinol membuat kulit kita lebih rentan terhadap sinar matahari. Dalam kata lain, meskipun retinol itu ingredient yang sangat baik untuk kulit kita, jika digunakan di waktu yang salah, malah akan terjadi sebaliknya. Saran saya, gunakan retinol di malam harı dan sunscreen di pagi hari.

3. Face Oil

Beberapa face oil memang dapat digunakan di pagi hari, dan orang-orang yang memiliki kulit kering tentu suka menggunakan face oil dalam skincare routine mereka.

Baca juga: Jenis Face Oil dan Cara Pakainya

Tetapi saya masukkan face oil di dalam list ini karena tubuh kita dan kulit kita mempunyai jam sendiri, atau yang secara ilmiah disebut cicardian rhythm.

Cicardian rhythm kita membuat kulit memproduksi lebih banyak sebum di pagi hari dan menurun di malam hari. Nggak salah sih kalau mau pakai face oil di pagi hari, tapi masuk akal kan jika kita menggunakan face oil di malam hari, karena saat malam kulit kita membutuhkan kelembapan lebih  tinggi dibandingkan pagi. Selain itu, pelembap yang lebih lightweight selain face oil juga lebih cocok buat ditimpa oleh sunscreen dan makeup, apalagi di cuaca yang terik dan humid seperti di Indonesia.

Semoga bermanfaat!