5 Buah Khas Ramadhan yang Bagus Buat Kulit

Selama bulan Ramadhan ini, yang berpuasa maupun nggak, pasti senang memanjakan diri dengan hidangan-hidangan khas, terutama takjil. Manisnya takjil sering kali bikin kita makan dalam jumlah banyak dan malah bikin berat badan bertambah. Padahal, buah-buahan khas Ramadhan itu kaya kebaikan bagi kulit bila dikonsumsi rutin tanpa terlalu banyak tambahan gula. Apa saja dan gimana caranya? Inilah 5 manfaat buah yang mudah sekali kamu temui di bulan Ramadhan dan trik mengonsumsinya!

1. Kurma

KURMA - 642

Berwarna cokelat dan punya rasa yang sangat manis, buah ini punya kandungan vitamin C dan D yang bagus untuk meningkatkan elastisitas kulit. Punya kemampuan mencegah akumulasi melanin, memiliki banyak serat, dan berperan sebagai anti-cancer.

Smart tip: Makan kurma 1-3 buah setiap sahur dan buka puasa bukan hanya menambah energi dan daya tahan pada tubuh, tapi juga membuat kulitmu lebih segar dan sehat. Kamu juga bisa membuat infused-water dengan cara mencampur air putih dengan kurma yang sudah dihilangkan bijinya lalu didiamkan semalaman. Atau buat susu kurma dengan cara blender buah kurma dengan susu segar. Sebaiknya pilih susu kedelai dan susu almond yang kaya nutrisi untuk kulit.

Karena manfaat yang banyak itu, nggak ada salahnya kamu teruskan kebiasaan makan kurma meskipun Ramadhan sudah selesai.

Baca juga: Manfaat Puasa untuk Kecantikan

2. Kelapa

YOUNG COCONUT - 642

Buah ini sejak dulu terkenal baik dalam menghidrasi kulit, sehingga akan membuat kulitmu tampak segar dan nggak kering. Selain itu, berperan sebagai antifungal, antinbakteri, dan anti-inflamasi sehingga mampu menenangkan kulit yang iritasi atau sensitif. Buah yang menyegarkan ini juga mengandung vitamin C, B, dan K, serta zinc dan selenium yang menutrisi dan bisa membuat kulit lebih awet muda.

Smart tip: Sebaiknya, konsumsi es kelapa tanpa tambahan gula atau sirup. Manis air kelapa yang alami lebih enak lho! Terlalu banyak asupan gula bisa bikin kulitmu mudah inflamasi atau berjerawat. Bagi kamu yang suka berolahraga, pilih minum air kelapa murni sebagai pengganti cairan tubuh, dibandingkan konsumsi air kelapa buatan atau minuman isotonik. Tubuh lebih segar, kulit lebih glowing!

3. Blewah

BLEWAH - 642

Buah yang bersaudara dengan melon, semangka, dan labu ini pintar memperbaiki sel kulit, serta kaya akan vitamin A dan C yang berperan penting dalam produksi kolagen. Kalau punya kolagen yang cukup, artinya kulit akan tampak lebih kenyal dan muda lebih lama. Buah ini juga cocok untuk merejuvenasi kulit dan bisa membantu mengurangi eczema.

Smart tip: Es blewah pasti jadi salah satu takjil favoritmu kan di bulan Ramadhan? Memang rasanya lezat, tapi sebisa mungkin kurangi penggunaan gula, sirup, atau susu kental manis ya. Kamu bisa memakai madu sebagai alternatif pemanis yang lebih sehat sekaligus bermanfaat bagi kelembapan kulit!

Baca juga: 5 Trik Agar Kulit dan Bibir Nggak Kering Selama Puasa

4. Timun Suri

FRUIT COCKTAIL - 642

Sama seperti keluarganya yang lain, seperti melon, semangka, dan blewah, buah ini sangat sarat kandungan air jadi bagus untuk melembapkan dan menyejukkan kulit. Diperkaya juga dengan kandungan vitamin C dan K, potassium, kalsium, serat, dan antioksidan untuk melindungki kulit dari lingkungan yang buruk dan radikal bebas.

Smart tip: Selain dibuat es buah, timun suri juga bisa lho diolah menjadi smoothie. Rasanya yang manis tapi mild dan cenderung netral sangat pas dipadukan dengan buah-buahan yang asam seperti blueberry dan strawberry. Beragam buah berry kaya vitamin C dan antioksidan, sementara timun suri sangat mudah ditemukan di mana-mana selama bulan ini. Jadi jangan sampai melewatkan perpaduan yang antioksidan yang hebat itu ya!

5. Ubi Oranye

UBI ORANYE - 642

Punya beta-carotene yang sangat baik dalam merawat kulit, serta vitamin A yang mampu membuat kulit lebih glowing. Usahakan jangan sampai kekurangan vitamin A, karena kulitmu akan jadi kering dan kusam.

Smart tip: Selain dimakan dalam bentuk kolak, ubi oranye sangat enak dibuat kue talam, di-mashed untuk side dish steak, atau digoreng tanpa tepung sebagai gorengan yang lebih sehat dari kentang goreng. Tapi, untuk memaksimalkan khasiat kandungannya, sebaiknya dikonsumsi natural tanpa tambahan apapun, cukup dipanggang atau dikukus.

Selamat mencoba! Semoga kulitmu semakin bercahaya sehat meskipun sedang berpuasa Ramadhan ya!