Pertama Kali Coba Shampoo Bar Oaken Lab

Diproduksi oleh Laboratorium Oaken untuk Sejauh Mata Memandang — begitu tulisan yang ada di label sampo baru saya. Hmm, saya jadi penasaran sama brand Oaken Lab yang ternyata adalah brand lokal yang support zero waste!

Akhir bulan April lalu saya datang ke pameran Laut Kita yang diadakan oleh Sejauh Mata Memandang di Plaza Indonesia dari tanggal 22 April – 16 Juni 2019. Selain terpesona habis-habisan sama instalasi dan pesan yang disampaikan, perhatian saya juga tertuju ke etalase sabun dan sampo di dekat area kasir. Tapi akhirnya pilihan saya jatuh ke sampo batangan karena ini pertama kalinya saya cobain sampo dalam bentuk padat.

Tiga varian sabun batangan yang dikemas apik punya nama yang nggak kalah menarik dan lokal banget yaitu: Aroma Laut, Aroma Bumi, Aroma Udara. Ternyata ketiga produk ini diproduksi oleh Oaken Lab, brand lokal asal Jakarta yang berdiri September tahun lalu.

Baca juga: Shampoo Bar, Bisakah Menggeser Shampoo Traditional?

Sampo Bar Oaken Lab Female Daily

Saya sempat ngobrol via DM bareng Cynthia dari Oaken Lab tentang konsep dari brand ini. Pada awalnya Oaken Lab didirikan untuk mengisi pasar cowok yang kosong yaitu grooming (shaving soap, aftershave) dan skincare dengan membuat formulasi scent atau wewangian sendiri yang mana menjadi ciri khasnya Oaken Lab.

Well, kalau ngintip Instagramnya Oaken Lab memang sangat kental look and feel cowoknya, tapi karena saya sudah keburu jatuh cinta sama sampo batangannya, saya keukeuh pingin beli lagi produk hasil formulasi dari Oaken Lab. Cynthia menyebutkan kalau ada varian Body & Hair yang bisa juga dipakai perempuan atau unisex, yaitu sampo, sabun, dan natural deodorant. YassGoing forward, Cynthia mengatakan kalau Oaken Lab akan banyak mengeluarkan varian produk untuk unisex. Yay!

Baca juga: Cara Tim FD Hidup Eco Friendly

 

Satu kabar baik lagi, ternyata Oaken Lab juga menerima botol bekas yang sudah habis untuk dikembalikan. Bahkan kalau kita repurchase bisa refill di botol yang sama lho. Saya happy banget pas denger ini dan betapa brand lokal semakin keren dari sisi riset dan pengembangan produk, visual branding, dan juga less waste awareness.

Sampo Bar Oaken Lab Female Daily

Shampoo bar Oaken Lab hasil kolaborasi Sejauh Mata Memandang ini belakangan bikin saya malas menyentuh sampo cair lagi. Selain wanginya lembut seperti bedak bayi, saya juga merasa sampo ini membantu rambut rontok saya jadi sedikit berkurang. Nah, pengalaman pertama saya menggunakan sampo batangan ternyata nggak sesulit yang saya bayangkan, tinggal digosok-gosok di rambut dan keramas seperti biasa. Saat dibilas pun sampo ini sangat mudah diluruhkan dengan air.

Baca juga: Online Shop Khusus Produk Korea Ramah Lingkungan

 

Untuk kamu yang lagi pingin ‘ngeracunin’ pasangannya untuk makin semangat merawat diri atau kamu sendiri ingin cobain beragam produk natural dari brand lokal, silakan cobain produk dari Oaken Lab ini ya.

Penasaran mau coba, atau malah sudah coba? Let us know in the comment section below!