banner-detik

20s

Cara Mengatasi Kulit Bruntusan

seo-img-article

Punya permasalahan dengan kulit yang bruntusan? Kali ini, saya akan membahas cara mengatasi problema ini. 

Kulit bruntusan menjadi topik kedua yang paling banyak ditanyakan setelah jerawat. Rasanya 90% followers saya dan pembaca blog Female Daily, pasti mengalami masalah bruntusan. Nah, sebelum kita masuk ke cara mengatasi bruntusan, baiknya saya jelaskan dulu ya, apa sih bruntusan itu.

Sebenarnya, bruntusan sama saja dengan white heads/ komedo putih, untuk nama ilmiahnya sendiri adalah papules. Maka dari itu, sebenarnya bruntusan atau white heads ini masih masuk ke dalam kategori jerawat. Nah, apa sih yang menyebabkan bruntusan pada kulit? Ada tiga faktor utama yang menyebabkan hal ini terjadi, tiga faktor tersebut adalah produksi minyak berlebih, sel-sel kulit mati yang menumpuk dan juga bakteri.

Cara Mengatasi Kulit Bruntusan

Jadi gimana cara mengaatasi bila jerawat ini sudah terjadi? Berikut yang harus dilakukan:

Double Cleansing

Jangan bosan-bosan mendengar istilah double cleansing. Tahapan ini penting banget dilakukan, supaya nggak ada sisa kotoran, debu dan makeup yang tersisa pada kulit wajah kalian. Kalau kalian membersihkan wajahnya nggak benar, maka besar kemungkinan terjadinya bruntusan pada kulit, karena pori-pori tersumbat oleh kotoran dan minyak.

Saran saya, gunakan first cleanser yang sifatnya oil atau balm untuk memastikan nggak ada kotoran, debu dan makeup yang masih tersisa di wajah. Jangan hanya mengandalkan makeup wipes remover atau micellar water saja, karena kedua produk ini kurang ampuh untuk mengangkat heavy duty makeup atau sunscreen kalian. Setelah menggunakan cleansing balm/face oil, lanjutkan dengan menggunakan facial wash.

Baca juga: Sheet Mask Bikin Bruntusan?

acid-toner-pemula-1-Copy

Rajin exfoliating!

Penumpukan sel-sel kulit mati adalah sumber utama penyebab terjadinya bruntusan pada kulit, maka dari itu saya sarankan untuk rajin melakukan eksfoliasi dua kali seminggu. Produk exfoliating sendiri dibagi menjadi dua, satu chemical exfoliator dengan kandungan AHA, BHA dan PHA, atau physical exfoliator. Mana yang harus dipakai dari kedua jenis exfoliator ini? Disesuaikan saja dengan kebutuhan kulit kamu, kalau kulit kamu sensitif seperti saya, pilihlah menggunakan chemical exfoliator.

Ingredients dalam skincare

Biasanya bruntusan terjadi saat kita menggunakan produk skincare dan nggak cocok dengan ingredients di dalamnya. Gimana biar kita tahu cocok atau nggak dengan bahan-bahan tertentu? Caranya memang harus trial dan error sendiri sih, karena kan kondisi kulit setiap orang berbeda.

Selain kandungan skincare yang nggak cocok, bisa jadi kamu bruntusan karena menggunakan pelembap yang terlalu rich. Pelembap sendiri banyak banget jenisnya, ada HA, glycerin vitamin E dan masih banyak lagi. Kalau kulit kamu berminyak dan acne prone, hindari menggunakan pelembap yang teksturnya tebal, dan pilihlah pelembap bertekstur gel yang lebih ringan.

Baca juga: Wajib tahu: Ingredients Analyzer Website

Coba deh, mulai sekarang lakukan tiga hal di atas untuk mengatasi permasalahan bruntusan di kulit kamu. Saya percaya, dengan melakukan tiga hal di atas, permasalahan bruntusan akan langsung mereda dalam jangka waktu singkat. Selamat mencoba.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment