D.I.Y: 4 Resep Masker Untuk Rambut Kering!

Kalau kamu sering merasa rambutmu terlihat kusam dan kasar, besar kemungkinan kamu memiliki rambut yang kering. Ciri-ciri lainnya, permukaan kulit kepala dan rambutmu jarang terasa berminyak. Masih ragu? Coba pilih satu helaian dan tarik kedua sisinya ke arah berlawanan secara perlahan. Kalau rambutmu tahu-tahu putus, hati-hati ya. Sebab, ini juga merupakan tanda bahwa rambut kamu sangat rapuh dan membutuhkan kelembapan ekstra secepatnya. Nah, salah satu cara yang cukup gampang namun tetap efektif untuk mengatasi masalah ini, adalah dengan aplikasi masker rambut. Tenang aja, kamu enggak perlu beli yang mahal kok. Karena sebetulnya, kamu bisa membuatnya sendiri dari bahan-bahan yang ada di dapur rumah. Meski lebih murah, hasilnya pun sama-sama bagus dong! Penasaran? Yuk, contek tips bikin masker untuk rambut kering di sini.

Baca juga: Keratin Treatment Untuk Rambut Kering dan Rusak

 

Hair Mask

  1. Masker alpukat

Kupas buah alpukat, iris hingga berbentuk seperti dadu seukuran buku jari lalu campurlah dengan sesendok makan yogurt dan sesendok makan susu putih dalam blender. Setelah teksturnya cukup halus, oleskan ke rambut yang sudah basah. Kemudian, bungkus kepalamu dengan handuk. Biarkan selama kira-kira seperempat jam sebelum dibilas dengan menggunakan sampo sampai bersih. Alpukat mengandung lemak baik yang dapat menghaluskan rambut dengan cepat, susu bisa menguatkan helaiannya yang rusak, sedangkan yogurt bisa memberi hidrasi lebih pada rambut.

  1. Masker hot oil

Panaskan minyak alami secukupnya (tergantung panjang rambut) di dalam microwave selama 10 detik. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan argan oil, almond oil ataupun jojoba oil. Kemudian, usapkan ke rambut secara merata. Tunggulah sampai meresap dengan sempurna sebelum membilasnya hingga bersih. Argan oil terkenal akan khasiatnya untuk menyehatkan rambut sekaligus membuatnya jauh lebih berkilau. Pilih jojoba oil kalau kamu memiliki rambut bercabang ataupun diwarnai. Sedangkan almond oil sangat cocok untuk yang rambutnya cenderung tipis karena teksturnya relatif ringan.

Baca juga: Tips Mengakali Rambut Super Kering dan Rusak

madu

  1. Masker madu

Campur madu dan minyak zaitun dengan perbandingan 1:1 ke dalam wadah. Aplikasikan secara merata ke setiap helaian rambut dan biarkan hingga sekitar 30 menit. Terakhir, cucilah rambut dengan shampoo dan conditioner. Lakukan setidaknya sebulan sekali. Jika kamu punya banyak waktu senggang, ritual ini paling bagus apabila disempatkan sebanyak sekali dalam seminggu. Madu bisa menjaga kelembapan rambut secara optimal (tidak kering namun juga tidak terlalu greasy) sekaligus bertindak sebagai zat antibakteri yang baik untuk menjaga kesehatan kulit kepala.

  1. Masker gelatin

Kenapa gelatin? Karena bahan ini kaya akan protein yang secara alami bisa memperbaiki struktur rambut! Tipsnya, aduk dua setengah sendok teh gelatin tanpa rasa ke dalam empat sampai lima sendok makan virgin coconut oil. Oh ya, campuran ini seharusnya sudah cukup banyak untuk membalut rambut yang lumayan panjang kok. Aplikasikan ke seluruh kulit kepala dan permukaan rambut yang kering, bungkus dengan shower cap untuk meningkatkan penyerapannya, lalu biarkan selama 15 sampai 20 menit. Selepas itu, keramaslah seperti biasa. Jangan lupa untuk senantiasa mengenakan conditioner terutama di ujung-ujung rambutmu!

Bagaimana, mudah kan? Di antara empat masker tersebut di atas, yang mana yang terdengar paling menarik untuk dicoba? Jangan lupa share di kolom Comment ya!