5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan yang Harus Kamu Tahu!

Bahan ini mungkin paling sering ditemukan di dapur. Tapi, memang sudah diketahui sejak lama, kalau minyak zaitun udah banyak digunakan untuk kecantikan juga. Kamu pun pasti sempat menemui kandungan olive oil pada sejumlah kosmetik yang beredar di pasaran. Nah, kalau gitu kenapa enggak membuat sendiri produk-produk perawatanmu dari minyak zaitun ini? Karena sifatnya alami, minyak zaitun pun tak mudah memicu alergi. Bukan cuma itu, olive oil juga bisa digunakan mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. Enggak percaya? Cek dulu aja beberapa manfaat minyak zaitun berikut ini!

rambut berminyak 2

Merawat rambut

Minyak zaitun akan bermanfaat banget untuk melembutkan rambutmu. Caranya, hangatkan empat sendok makan extra virgin olive oil di dalam microwave selama 10 detik. Kemudian, tambahkan beberapa tetes essential oil berjenis lavender jika ada. Aplikasikan pada rambut, lalu bungkuslah dengan handuk hangat. Atau, kamu juga bisa mengenakan shower cap. Biarkan sekitar 30 menit atau selama yang kamu mau, sebelum dikeramas dengan sampo.

Sebagai make up remover

Supaya bisa menggunakan minyak zaitun untuk menghapus make up serta dan kotoran yang bersarang di muka, triknya mudah sekali lho. Ambil kapas kesayanganmu, lalu tuangkan olive oil secukupnya. Setelah itu, usapkan ke seluruh muka dan leher untuk mengangkat sisa-sisa makeup serta kotoran yang membandel. Ritual ini paling bagus apabila diikuti dengan mengangkat sisa minyak dengan menggunakan waslap yang sudah direndam air hangat, lalu kemudian mencuci muka menggunakan foaming facial wash supaya wajah tidak terasa greasy alias berminyak. Saya yang memiliki kulit kering terus terang merasa sangat puas dengan metode ini karena tidak membuat kulit saya dehidrasi dan tertarik!

scrub-untuk-badan-1

Sebagai bahan untuk scrub tubuh

Campurkan olive oil dengan brown sugar atau gula pasir biasa dengan perbandingan 1:2 sampai terbentuk pasta kental. Kalau masih terlalu kasar, tuang lagi minyak zaitunnya. Demikian pula sebaliknya, tambahkan proporsi gula atau brown sugar kalau kamu ingin tekstur scrub-nya lebih berefek! Kemudian, usapkan ke seluruh badan terutama bagian siku dan lutut serta area yang terasa kasar. Diamkan sejenak sebelum dibasuh dengan air hangat. Bila perlu, kamu juga bisa membilasnya dengan busa sabun jika ingin permukaan tubuh yang lebih bersih dan kesat.

Sebagai terapi oil pulling

Sudah tahu tentang oil pulling? Ini adalah pengobatan Ayurveda yang sebetulnya sudah dikenal sejak lama, yaitu sekitar 3000 tahun yang lalu. Wow! Tapi meski sudah ada sejak berabad silam, oil pulling ini nyatanya masih tetap menjadi topik hangat sampai sekarang. Pastinya, ini karena khasiat oil pulling yang disebut-sebut sangat bermanfaat bagi tubuh. Mulai dari mengatasi plak penyebab halitosis (bau mulut),  menjaga kesehatan gusi, hingga menarik racun keluar dari dalam tubuh. Kalau penasaran, oil pulling bisa dilakukan dengan cara yang mudah sekali kok. Berkumur-kumurlah dengan minyak selama kira-kira 20 menit. Aturannya cuma satu, jangan sampai tertelan! Teorinya, mikroorganisme pengganggu yang tinggal di mulut kan terdiri atas sel-sel yang diselimuti oleh membran lemak. Nah, komponen lipid ini akan saling tarik menarik terhadap minyak yang pada dasarnya merupakan lemak pula.

 

kuku kuning (2)

Menyehatkan kuku

Kalau kamu bermasalah dengan kuku yang tipis dan rapuh, saatnya mencoba treatment simpel dengan menggunakan minyak zaitun. Triknya gampang banget, yaitu dengan mengoleskan olive oil ke permukaan kuku dan kutikula tanganmu sebelum tidur! Enggak cuma kuku tangan, kamu juga bisa mengaplikasikannya ke kuku dan kutikula kaki lho. Kandungan minyak alaminya mampu meresap dan menutrisi kuku dengan asam lemak yang baik untuk kesehatan. Istimewanya lagi, kulit di sekitar kutikula pun terasa jauh lebih halus keesokan paginya!

 

So, dari lima kegunaan di atas, yang mana yang udah pernah kamu coba? Share di comment dong, merek olive oil apa sih yang biasanya kamu gunakan?