Tips Menghindari Terjadinya Product Pilling

Sering ngalamin produk makeup atau skincare pilling saat diaplikasikan ke wajah? Berikut beberapa faktor yang menyebabkan product pilling terjadi.

Product pilling, dari namanya saja sebenarnya sudah cukup menjelaskan. Namun, kalau kalian bingung, product pilling adalah kejadian ketika sebuah produk skincare atau makeup yang diaplikasikan pada wajah malah berubah menjadi serpihan-serpihan kecil yang menggumpal. Intinya, produk tersebut nggak bisa menempel dengan baik pada kulit.

Nah, kalau kamu sering mengalami product pilling, berikut beberapa tips untuk menghindarinya:

Image source: Reddit

Image source: Reddit

Jangan menggunakan water dan oil based product berbarengan

Baik skincare atau makeup sebenarnya keduanya memiliki dua kandungan dasar berbeda, yaitu water dan oil based. Kalau kamu menggabungkan produk makeup atau skincare dengan based yang berbeda, besar kemungkinan akan terjadinya product pilling, karena air dan minyak memang nggak bisa menyatu. Contohnya bi phase eye-makeup remover, yang harus dikocok terlebih dahulu, supaya minyak dan kandungan air dalam remover tersebut tercampur.

ProdPillingBody

Berikan jeda waktu

As always, berikan jeda waktu yang cukup lama untuk menghindari terjadinya product pilling. Produk yang belum benar-benar diserap oleh kulit, berpotensi untuk mengganggu penyerapan produk selanjutnya, sehingga produk tersebut tidak terserap, jadinya hanya berada di permukaan dan menyebabkan pilling. Jadi lebih baik menunggu produk benar-benar terserap, baru mengaplikasikan produk selanjutnya. Bila kamu menggunakan produk skincare yang teksurnya tebal, berikan jeda setidaknya 10-15 menit, supaya produknya menyerap dengan baik.

 

bodyproductpilling1

Too much silicone

Silicone sebenarnya ditemukan dibanyak produk skincare dan makeup. Fungsi silicone untuk mengisi pori-pori dan fine lines sehingga memberikan tampilan wajah yang lebih smooth, dan membuat wajah kita menjadi kanvas yang lebih halus untuk foundation. Selain membuat kulit tampak lebih halus. Perlu diingat, silicone tidak dapat membuat wajah kita tampak halus dan flawless jika tidak terserap dengan baik.

Biasanya product pilling karena silikon terjadi saat kita memakai too much silicone, misalnya habis menggunakan primer dengan kandungan silicone tinggi, lalu dilayer dengan bedak tabur dengan kandungan silicone yang tinggi pula. Contoh bedak yang mengandung silicone tinggi biasanya bedak yang berwarna putih/ translucent powder. So, kedepannya pilih salah satu saja dari produk ini, lebih butuh menyamarkan pori-pori atau ingin mendapatkan hasil makeup yang lebih smooth dari bedak?

Bottomline, jika skincare kamu menggumpal dan rontok, kemungkinan besar adalah karena penyerapan yang kurang baik atau kamu menggunakan kombinasi dari skincare oil based dan water based. So, to avoid product pilling, paling penting adalah menunggu agar produk sudah diserap dengan baik, dan hindari menggunakan water based & oil based skincare bersamaan.