Bikin Spa di Rumah Sendiri, Yuk!

Kalau kamu seringnya nggak punya waktu untuk pergi ke spa, sebetulnya nggak salah juga kok dengan merawat tubuh sendiri di rumah. Selain nyaman, kamu juga tak perlu bermacet-macet di jalan hanya untuk pergi ke spa, kan. Last but not least, pastinya biaya yang akan kamu keluarkan untuk membuat spa di rumah juga relatif akan lebih terjangkau jika dibandingkan dengan tempat-tempat spa di perkotaan lho. Tertarik untuk menyulap rumahmu menjadi spa meski hanya untuk sesaat? Contek cara mudahnya!

bath-2562225_640

Ciptakan suasana yang mendukung

Kamu pasti ingat suasana relaks saat masuk ke dalam spa favoritmu. Aromanya yang menenangkan, lighting yang temaram, serta musiknya yang lembut pasti membuat kamu betah banget berlama-lama di situ kan? Nah, coba tiru atmosfernya di rumah. Redupkan lampu dan pasang lilin aromaterapi atau diffuser yang menyebarkan wangi aromaterapi kesukaan kamu. Selain itu, kamu juga bisa memasang lagu-lagu pelan atau alunan klasik supaya kondisinya semakin cocok untuk melakukan relaksasi.

Rendam kaki dan tangan di dalam baskom berisi air hangat

Cara ini ampuh banget untuk melepas lelah yang bersarang di tangan dan juga kakimu. Lebih bagus lagi kalau airnya ditambahkan irisan lemon, daun peppermint, beberapa sendok garam laut, jahe bubuk, ataupun beberapa tetes essential oil misalnya saja tea tree atau lavender. Rendamlah kaki dan tanganmu sampai setidaknya sepergelangan selama sekitar 10 sampai 20 menit.

Baca juga: Teknik Pijat Wajah Ala Perempuan Jepang

 

Gosok tangan dan kakimu dengan menggunakan scrub dari apel

Campur masing-masing sesendok makan gula pasir dan brown sugar dengan satu setengah sendok teh apel yang telah dihancurkan. Jika ada, kamu juga bisa menambahkan sedikit kayu manis bubuk. Vitamin A dan C serta zat malic acid dari apel baik untuk menyehatkan kulit sekaligus mengangkat kotoran dan juga sel-sel kulit mati di permukaan tubuh.

camille-kmile-1120204-unsplash

Aplikasikan masker pepaya untuk wajah

Sesudah mencuci muka hingga bersih, masak sepanci air sambil menghancurkan buah pepaya secukupnya (bisa dengan memakai blender). Setelah air di panci mendidih, hadapkan wajahmu ke arah uap selama 5-8 menit dengan memegang handuk di atas kepala. Oleskan masker pepaya yang sudah kamu buat tadi, dan berbaringlah selama 10 menit. Bilas dan rasakan kulit yang lebih glowing setelahnya.

Buat masker matamu sendiri

Caranya mudah, cukup dinginkan sendok di dalam kulkas sampai terasa sejuk saat lengkungan di permukaan bawahnya ditaruh di atas kelopak mata yang tertutup. Jika repot untuk memegang dua sendok sekaligus, kompres mata kiri dan kanan secara bergantian saja.

Baca juga: 4 Jasa Pijat yang Bisa Dipanggil Ke Rumah

 

Bersihkan badan dengan ampas kopi

Kalau kopi pagimu menyisakan ampas, jangan dibuang dulu ya! Sisa kopi tersebut masih bisa dimanfaatkan untuk membersihkan badan. Wanginya pun enak banget! Konon, kafein yang terkandung di dalamnya juga ampuh untuk membantu mengenyahkan selulit, lho. Kalau masih terasa terlalu kasar, kamu bisa mencampurnya dengan jojoba oil maupun minyak zaitun.

Berendam

Last but not least, rasanya segala langkah-langkah tadi belum lengkap tanpa membenamkan diri di air suam-suam kuku kan? Kamu bisa mencelupkan bath bombs untuk efek relaksasi sekaligus menghaluskan kulit setelahnya. Kalau tidak ada bath tub di kamar mandimu, kamu juga bisa menambahkan baby oil ke air mandi untuk efek yang sama-sama melembapkan.

Pakai moisturizer ke seluruh wajah dan tubuh

Selepas semua ritual tadi, manjakan tubuhmu dengan asupan pelembap kesayangan ya. Inilah saat yang tepat untuk mengoleskan moisturizer ke muka dan badan, karena permukaannya habis dibersihkan secara lebih menyeluruh dan maksimal!

 

Oh dan sehabis spa, usahakan untuk tidur cukup baik secara kualitas maupun kuantitas ya. Dijamin, tubuhmu pasti bisa merasa jauh lebih segar setelah semua tahapan “spa mini” ini!