Balques Manisang Cerita Soal Perempuan

Presenter “Fakta” TV One yang terpilih menjadi salah satu moderator debat capres kelima, Balques Manisang, berbagi pandangannya tentang skincare, makeup, dan posisi perempuan dalam dunia politik.

Menjelang debat capres kelima, saya berkenalan dengan salah satu moderatornya, Balques Manisang. Balques akan tampil bersama Tommy Ristanto dari NET TV untuk memandu acara debat terakhir menjelang pilpres. Kami berbincang singkat di sela-sela padatnya kesibukan Balques mempersiapkan salah satu momen besarnya. Debat kelima Pilpres 2019 akan digelar besok, 13 April 2019 di The Sultan Hotel, Jakarta Pusat.

Baca juga: Fakta Menarik Seputar Internet dan Perempuan Indonesia

BALQUES MANISANG 1

 

Sebagai perempuan, menurut Mba Balques apakah skincare dan makeup bisa menjadi sesuatu yang empowering?

Skincare dan makeup yang baik itu perlu, tetapi tidak selalu. Kosmetik hanya sebagai alat pendukung empowerment bagi perempuan, bukan yang utama. Perempuan itu sendiri sebenarnya adalah simbol empowerment itu.

Baca juga: #CantikSatukanKita – Rayakan Keunikan Keragaman Perempuan Indonesia

 

Apa saja skincare yang dipakai untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit sehari-hari?

Bisa dibilang saya itu cukup cuek. Jadi untuk sehari-hari yang paling penting adalah facial wash 2 kali sehari, pakai eye mask, dan konsumsi vitamin C yang cukup. Saya juga melakukan facial di klinik kecantikan sebulan sekali sebagai perawatan tambahan.

Gaya makeup apa yang seorang Balques Manisang sukai?

Saya suka makeup yang natural, makeup yang tidak mengubah wajah asli, yang terasa ringan nggak seperti topeng, karena saya pekerjaannya lebih banyak di luar ruangan dan mobile. Uniknya, saya lebih suka pakai es batu sebagai face primer. Kebersihan kuas makeup juga bagi saya penting.

Sekarang, masyarakat sudah punya awareness yang semakin tinggi terhadap gaya hidup sehat. Apakah Mba Balques termasuk yang menjalankannya? Seperti apa?

Iya, semakin usia saya berkurang, saya semakin menyadari bahwa the real wealth is health. Saya rutin main basket, seminggu sekali atau dua kali. Saya juga menyempatkan work-out yang lainnya saat weekdays. But beneath it all, yang paling penting adalah merasa bahagia. Self love, positive mind, dan healthy food sangat esensial.

Bagaimana menurut Mba tentang posisi perempuan Indonesia di dunia politik?

Perempuan Indonesia di politik Indonesia hmm… masih dalam level pembuktian, pembuktian bahwa bukan hanya sekadar mengisi porsi keterwakilan perempuan. Suatu saat bisa saja mendominasi, saat ini sejajar pun belum. Bukan soal kualitasnya ya, karena sudah banyak politisi perempuan yang berkualitas dan mumpuni, namun ruang kesempatannya yang harus ditingkatkan lagi. Apalagi, persaingan dengan laki-laki tetap menjadi tantangan.

 

Baca juga: Membuka Salon untuk Berdayakan Perempuan

 

Menjadi perempuan yang berkarir sebagai presenter yang dekat dengan dunia politik, apa tantangannya?

Tantangannya adalah menjadi putih di antara yang hitam, dan mengambil yang hitam di tengah putih. Ngerti kan ya maksudnya? ;)

Apa saja persiapan yang sudah dilakukan untuk peran sebagai moderator debat capres?

Banyak doa, jaga kondisi, musti happy, menghindari makanan dan minuman yang sensitif dengan amandel saya ini. Karena bagi presenter, kondisi suara sangat sangat penting.
 BALQUES MANISANG 2

Ada tip untuk para calon pemilih agar semakin yakin menggunakan hak suaranya dan nggak golput?

Setiap orang punya hak untuk menggunakan hak pilihnya atau tidak. Namun 5 tahun sekali sepertinya sayang untuk dilewatkan begitu saja. Kalau sampai hari ini bingung menentukan pilihan, ayo nonton debat kelima, debat pamungkas pemilu 2019. Bagi saya, lebih baik kita menentukan pilihan karena pemikiran kita sendiri, bukan karena pikiran atau pendapat orang lain.
Kamu setuju nggak dengan pendapat-pendapat Balques Manisang?