Produk Makeup Dari Beauty Influencer Lokal, Beneran Bagus?

Belakangan ada banyak brand yang berkolaborasi dengan beauty Influencer Indonesia. Dan ada beberapa beauty Influencer Indonesia yang mengeluarkan brand makeup-nya sendiri. Tapi apakah worth to buy?

Di Indonesia udah banyak banget beauty influencer besar, yang review-nya benar-benar dipercaya dan tutorial makeup-nya selalu dinantikan oleh follower-nya. Tentunya brand-brand kosmetik lokal juga melirik mereka dong, mulai dari sekedar untuk memperkenalkan produk mereka, dan bahkan sampai mengajak kolaborasi untuk membuat suatu produk makeup. Ada juga beauty influencer yang membuat brand makeup-nya sendiri.

Produk kolaborasi dari beauty influencer lokal dengan brand kosmetik yang terbaru ini adalah The Needs yang merupakan kolaborasi Focallure dengan Tasya Farasya, dan Magic! Palette yang adalah produk kolaborasi brand Avione dengan Beauty Influencer asal kota Malang, Ini Vindy. Jujur saja, saya belum mencoba keduanya. Tapi dari review-review yang beredar, The Needs punya pigmentasi yang luar biasa bagus, sedangkan Magic Palette mempunyai formula yang super blendable dan mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.

Lihat juga: Tasya Farasya x Focallure The Needs Palette – FD Beauty Review

Walau belum mencoba dua face palette kolaborasi dengan influencer lokal tersebut, namun saya punya beberapa produk kosmetik yang membawa nama influencer di dalamnya. Ada yang memang kolaborasi dengan makeup brand, dan ada yang merupakan merek yang dikeluarkan oleh beauty influencer tersebut sendiri.

IMG_0331

Yang pertama, saya punya Minuet Palette. Minuet adalah brand yang dimiliki oleh dua beauty influencer Indonesia, yaitu Vinna Gracia dan Cindercella. Produk mereka baru satu, yaitu sebuah face palette yang terdiri dari eyeshadow, blush on, bronzer, contour, dan highlighter. Bagian eyeshadow di create oleh Cindercella, sedangkan face palette-nya dipilih oleh Vinna Gracia.

Dan saya kayaknya sudah berkali-kali membicarakan palette ini, karena memang kualitasnya sangat bagus untuk harganya yang hanya 300 ribuan. Pigmentasi dan blendability-nya nggak diragukan lagi. Semua warna dalam palette tersebut oleh saya terpakai dengan baik. Bahkan highlighter-nya menjadi highlighter andalan saya saat ini. Saya bahkan berharap, Minuet mengeluarkan produk baru lagi.

Baca juga: Battle 2 Palet Makeup Brand Lokal Buat Traveling

Brand dari beauty influencer kedua yang saya coba adalah BLP Beauty, brand makeup yang dikeluarkan oleh influencer slash makeup artist ternama di Indonesia, Lizzie Parra. Saya mencoba Lip Coat, Lip Stain, dan juga Face Powder-nya.

Untuk Lip Coat, jujur bukan favorit saya, karena di bibir saya Lip Coat BLP Beauty ini sedikit terlalu kering. Tapi setelah melihat swatch sister di chanel Youtube Female Daily, sepertinya saya mengambil shade yang memang formulanya kering, yaitu Butter Fudge. Matte lip cream dengan warna nude pucat, memang cenderung lebih kering dan mudah cracking dibandingkan warna-warna yang lebih tua. Sedangkan untuk Lip Stain-nya menurut saya sangat bagus, karena pigmented dan awet di bibir saya.

Sementara untuk Face Powder BLP Beauty, menurut saya formulanya bagus banget. Face powder ini mempunyai butiran yang sangat halus, mampu menge-set makeup, tanpa membuat kulit kering saya terlihat semakin kering dan cracking. Saat ini saya punya wishlist berupa Lip Glaze dan Dual Eye Definer BLP Beauty.

Lalu yang terakhir, saya mencoba Lip Tint dari Goban yang berkolaborasi dengan beauty influencer Molita Lin, yaitu Goban Glow Tint. Saya tertarik mencoba Glow Tint ini karena ada satu shade yang unik, yaitu Loving. Loving ini mempunyai warna merah bata kecoklatan, warna yang belum pernah saya temui pada produk lip tint sebelumnya.

 


View this post on Instagram

Which one from our glow tint is your motivational spirit? Pick yours among the three ❤ #gobancosmetics #glowtint

A post shared by GOBAN Cosmetics (@gobancosmetics) on

Setelah mencoba, ternyata saya suka banget dengan produknya. Teksturnya unik, creamy dan glossy seperti lip cream saat pertama kali diaplikasikan, tapi lama kelamaan gloss-nya akan hilang dan meninggalkan warna stain yang cantik dan tahan lama.

Dari produk-produk yang saya coba tersebut, saya menyimpulkan kalau produk makeup dari influencer Indonesia punya kualitas yang bagus-bagus kok. Influencer yang diajak bekerja sama atau yang mengeluarkan brand sendiri, tidak sekadar mencantumkan nama besar mereka pada produknya. Tapi mereka bertanggung jawab memberikan formula yang bagus, sesuai dengan yang mereka janjikan kepada followers dan pembeli makeup-nya. Selain itu, saya rasa kita juga harus benar-benar memerhatikan apakah mereka menginvestasikan minat yang besar terhadap produk tersebut, atau hanyak mengeruk keuntungan semata. Saya rasa kita semua bisa melihat ketertarikan seseorang dalam mengembangkan produk dengan sangat gamblang, kok. Misalnya turut meneliti pabrik, menentukan formula, sampai memikirkan detail warna dan nama, Bukan hanya sekadar disiapkan formulanya oleh brand, dan menggambil nama mereka for the sake of the brand’s profit.

Jadi kalau ditanya, apakah saya akan membeli produk dari influencer lokal lagi atau tidak, jawabannya adalah, ya! Kalau memang produknya saya butuhkan, membuat saya tertarik, dan saya juga sedang ada budget untuk membeli makeup, mengapa tidak?