Ngobrol Tentang Kulit Bareng Aurélie Guyoux dari Bioderma

Sama seperti makeup, Parisian lebih suka langkah yang simpel dalam perawatan kulit. Aurélie Guyoux dari Bioderma juga menganggap kulit tidak membutuhkan terlalu banyak produk.

Siapa yang mengidolakan Bioderma Sensibio H2O Micellar Water? Sama, saya juga suka! Pionir dari micellar water ini memang terbukti punya kualitas unggul dan telah jadi best-seller di mana-mana. Pertama kali diciptakan pada tahun 1995, Bioderma ditujukan bagi mereka yang punya kulit sensitif. Tapi, apa sih yang membedakan Bioderma dengan cleansing water lainnya? Kenapa bisa aman untuk kulit sensitif bahkan sampai boleh dipakai oleh bayi?

Baca juga: Battle of The Week; Cleansing Water Bioderma VS Bifesta

Saya berkesempatan bertemu dengan Aurélie Guyoux, Global Research and Innovation Director dari NAOS, perusahaan yang menaungi Bioderma. Aurélie bercerita bahwa ia percaya kulit kita tidak bisa efektif menyerap manfaat lebih dari 3 produk. Jadi, semakin simpel semakin baik. Wah, bersebrangan banget sama perempuan Asia yang suka berlapis-lapis, ya!

BIODERMA 3 - 642

Kenapa skincare yang berlapis-lapis tidak baik?

Saya pikir terlalu berlebihan kalau sampai harus 10 langkah. Lebih baik sedikit tapi efektif. Kulit adalah organ hidup yang kondisinya selalu berubah setiap saat. Perawatan berlebihan malah bisa merusak kulit, karena bisa ada bahan-bahan yang tidak cocok bila dipakai bersama. Tapi saya paham bahwa setiap negara punya cara dan kebiasaan tersendiri.

Untuk perempuan di Prancis, 10 step skincare tentu terlalu panjang. Di sini cuacanya dingin dan banyak yang punya kulit sensitif, sementara kulit sensitif tidak perlu produk yang berlebihan.

Gimana cara kita tahu bahwa produk yang kita pakai berlebihan?

Listen to your skin signals. Apakah kamu merasa cukup bahagia dan puas dengan kondisi kulitmu sekarang? Apakah skincare yang berlapis-lapis itu memberikan hasil yang baik? Kalau kamu masih menemukan jerawat, beruntusan, kulit iritasi dan kemerahan, pori-pori besar, berarti kemungkinan ada yang salah. Ada produk yang nggak cocok. Bisa jadi, kulit bereaksi karena dia letih dilapisi skincare sekian banyak. Jika begitu, saatnya meminimakan produk yang dipakai. Bagi saya yang terpenting adalah 3 langkah: membersihkan, menutrisi, dan melembapkan.

Tapi bila kamu sudah puas dengan kondisi kulitmu, go ahead. Artinya kulitmu cocok dengan rangkaian skincare yang panjang.

Apa yang dimaksud dengan Ecobiology yang dianut dalam perusahaan Bioderma?

Pendekatan Ecobiology dari NAOS memandang kulit sebagai ekosistem yang cerdas namun rentan. Sangat penting untuk menjaga dan memperkuat mekanisme biologis alami kulit dengan menggunakan bahan-bahan alami pilihan yang sesuai dengan kulit. Jadi ide dasar pada seluruh produk Bioderma, termasuk pada Sensibio H2O, adalah meminimalkan jumlah polutan yang terdapat pada komposisi tersebut, serta efeknya bagi kulit.

BIODERMA 1 - 642

Apakah Bioderma Sensibio H2O saja sudah cukup maksimal dalam membersihkan kulit perempuan Indonesia? Mengingat di sini terik dan banyak polusi.

Bagi saya, sudah cukup. Karena kami menciptakan Bioderma Sensibio H2O ini untuk semua jenis kulit, terutama kulit sensitif. Kami menyesuaikan formulanya untuk semua orang dari berbagai negara, dermatologist-tested, bahkan bisa dipakai untuk kulit anak-anak dan bayi. Sangat lembut, dengan pH 5,5 tapi sangat efektif mengangkat kotoran, makeup, bahkan yang waterproof. Bioderma memakai highly purified water yang paling murni, yang sejenis dengan air untuk infus.

Jadi sangat cukup. Nggak perlu dibilas. Tapi bila kebiasaannya adalah double cleansing ya nggak apa-apa. Tapi pastikan memakai moisturizer lagi setelah membersihkan wajah, karena facial wash seringkali bikin kulit kering.

Apa sih golden standard untuk produk micellar water?

Bioderma adalah pencipta micellar water yang pertama. Yang menciptakan pertama kali bernama Natalie, dan dia masih bekerja untuk Bioderma hingga sekarang. Kualitas air adalah yang utama. Harus highly purified water. Lalu bahan-bahan lainnya juga harus berkualitas. Sebaiknya no perfume dan punya surfaktan yang tidak mengikis kelembapan alami kulit.

Gimana sebenarnya pakai Bioderma Sensibio H2O yang benar?

Bebas saja, boleh sebelum facial wash, boleh setelah facial wash. Tergantung kebiasaan masing-masing. Tapi tanpa dibilas dengan facial wash lagi pun sudah sangat bersih.

Apa saja perawatan kulit yang disarankan untuk kulit sensitif?

Kulit sensitif mudah kering, kemerahan, dan iritasi. Jadi sebaiknya selalu lembap. Jangan menggunakan pembersih wajah yang kasar dan membuat kulit kering. Mencuci muka dengan facial wash juga tidak boleh terlalu sering agar kulit tetap punya kelembapan alaminya. Hindari produk yang mengandung paraben, pewarna, dan parfum.

Jadi, siapa di sini yang juga suka banget pakai Bioderma Sensibio H2O?