banner-detik

beauty school

Tips Packing Makeup Saat Traveling

seo-img-article

Jangan bingung kalau harus membawa makeup lengkap saat traveling. Ada caranya kok supaya bawaan tetap ringan dan ringkas.

Saya biasanya jarang banget bawa makeup saat traveling. Karena biasanya saya traveling dalam rangka refreshing aja, nggak pernah ada acara penting. Jadi makeup yang saya bawa cuma bedak tabur, pensil alis, dan tinted lipbalm atau liptint. Cuma sekadar agar wajah nggak pucat dan nggak terlihat kucel banget.

Tapi belakangan, saya lumayan sering harus traveling sambil menghadiri suatu acara, yang menuntut saya untuk full makeup. Saya sendiri sih, walaupun banyak acara di tempat tujuan, inginnya tetap travel light. Saya malas sekali diribetkan dengan barang bawaan, saat saya seharusnya menikmati suasana.

Nah, kalau dulu saya pernah membagikan skincare untuk traveling yang minim namun efektif, kali ini saya akan membagikan tips membawa full makeup selama traveling, tapi tetap ringkas dan nyaman.

packing makeup (4)

Tidak Perlu Membawa Makeup Full Size

Sama seperti skincare, kita nggak perlu membawa makeup dengan kemasan besar. Bawa saja secukupnya, untuk keperluan makeup selama traveling nanti. Untuk produk-produk yang bisa di depot ke tempat lain, seperti misalnya foundation dan loose powder, kita bisa memindahkan isinya ke jar atau botol yang lebih kecil, untuk dibawa. Atau kalau saya sih lebih memilih membeli versi share in jar-nya di online shop, khusus untuk dibawa-bawa saat traveling. Jadi kita nggak perlu repot-repot memindahkan produk dan menyeterilkan kemasan jar-nya.

Kalau mau, kita juga bisa membeli blush on, lipstick, bronzer, dan produk-produk lain dalam ukuran travel size atau sample size, agar lebih ringkas dan nggak makan banyak tempat. Kecil-kecil nggak papa kok, pastikan saja jumlahnya cukup untuk digunakan selama kita traveling.

Baca juga: Pintar Membeli Kosmetik Share In Jar

Bawa Face Palette Yang Ringkas

Palette makeup lengkap ini akan sangat meringkas bawaan kita lho. Karena bisanya dalam satu palette, sudah terdapat beberapa produk makeup yang kita butuhkan. Jadi kita nggak perlu membawa makeup-makeup tersebut secara terpisah.

Salah satu face palette andalan saya untuk traveling adalah Minuet Palette. Dalam satu kemasan yang sleek, kita sudah akan mendapatkan eyeshadow, blush on, contour, bronzer, dan highlighter. Terus ada cerminnya pula. Jadi kita nggak perlu lagi membawa cermin secara terpisah.

Baca juga: 2 Palette Makeup Brand Lokal Untuk Traveling

Cukup Satu Produk Saja Untuk Setiap Jenis Makeup

Saat traveling, saya biasanya membatasi diri untuk tidak membawa dua produk yang fungsinya sama. Misalnya saya hanya akan membawa satu lipstik, satu blush on, satu bronzer, dan lain-lain. Saat packing, kadang kita bingung kan menentukan lipstik apa yang akan kita bawa? Tetap paksakan pilih salah satu, jangan bawa lebih dari satu dengan pertimbangan untuk gonta-ganti warna. Percaya deh, saat traveling kita nggak akan terlalu memikirkan ganti warna lipstik kok. Seandainya pun ingin berganti warna lipstik, saya rasa ya masih bisa ditahan kan sampai saat kita pulang nanti dan bisa puas memakai koleksi lipstik kita yang mana saja, kan?

Biasanya sih, saya memilih warna-warna makeup yang cenderung netral, yang bisa dipadukan dengan outfit apa saja selama traveling. Atau kalau memang sedang ingin sekali memakai lipstik warna bright orange misalnya, outfit-outfit yang saya bawa selama traveling, warnanya juga akan menyesuaikan.

 

Pilih Produk Makeup yang Multifungsi

Untuk lebih meringkas barang bawaan, kita bisa memilih produk makeup yang multifungsi. Misalnya, matte liquid lipstick yang bisa sekalian dijadikan blush on, matte eyeshadow warna coklat taupe yang bisa digunakan untuk contouring, pensil alis yang pada sisi bagian bawahnya sudah ada spooly brush-nya, concealer yang bisa digunakan juga untuk eyeshadow base, dan lain-lain. Dengan begitu, kita nggak perlu bawa terlalu banyak perintilan produk.

Baca juga: 3 Lipstik Lokal Yang Cocok Dijadikan Cream Blush

packing makeup (3)

Pisahkan Produk Yang Digunakan Setiap Hari

Saya memang nggak pernah pakai makeup lengkap untuk sehari-hari. Jadi selama traveling-pun, saya juga nggak menggunakan makeup. Jadi untuk makeup yang khusus dipergunakan saat-saat tertentu saja, biasanya saya bawa di pouch terpisah.

Alasannya agar lebih rapi saja. Agar kalau kita pakai skincare dan makeup sehari-hari, kita nggak perlu mengaduk-aduk pouch yang isinya adalah makeup-makeup yang nggak kita butuhkan. Jadi memang lebih baik membawa dua buah pouch terpisah.

Siap untuk traveling dengan makeup komplit?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment