banner-detik

workout

Tips Ngatur Jadwal Olahraga Buat yang Kerja Kantoran

seo-img-article

Rajin olahraga empat kali seminggu, dengan jam kerja kantoran? Mustahil? Tentunya nggak dong. Berikut beberapa tips yang bisa kalian lakukan. 

Alasan kesibukan kerjaan dan juga macetnya jalanan, membuat beberapa orang merasa kesulitan untuk menyempatkan waktu olahraga. Saya akui dua tahun lalu pun, saya merasa kesulitan untuk mengatur jadwal. Mau diselipkan di mana jam olahraga ini? Kalau pagi nggak memungkinkan, karena saya baru tidur sekitar jam satu sampai dua pagi. Malam? Wah, tenaga dari mana? Sudah keburu lelah duluan setelah pagi menerjang macetnya Jakarta, lalu siang hingga sore mengurus kerjaan kantor dan malam masih harus gerak lagi? Waduh, berat rasanya untuk dijalani.

Tapi setelah saya mulai mencoba olahraga sejak akhir 2017 lalu, akhirnya saya tahu kunciannya supaya tetap bisa semangat atau menyisakan tenaga untuk olahraga dengan jam kerja yang padat. Kuncinya adalah….. NIAT. Kesel? Jangan marah dulu kalau saya cuma bilang niat. Karena niat itu kuncian saya untuk memaksakan diri untuk datang ke studio olahraga, haha. Coba deh kalian pikirkan, mau melakukan kegiatan atau hal apapun kalau nggak ada niatnya, gimana? Akan jalan nggak? Belum tentukan? Jadi memang intinya adalah pada niatan.

Ok, niat jadi kuncinya, tapi gimana nemuin dan kumpulin niatnya? Kalau saya sih ada beberapa hal yang bikin saya niat olahraga. Pertama, saya sudah membayar member bulanan untuk ke studio olahraga, kalau nggak dipakai ya, sayang dong buang-buang uang? Kedua, demi menjaga agar haid saya lancar (PCOS). Ketiga, supaya saya bisa makan sedikit bebas tapi BB nggak naik drastis.

Tips Ngatur Jadwal Olah Raga Buat yang Kerja Kantoran

Sekarang niat sudah ada, lalu gimana mengatur jadwalnya? Baik di pagi atau malam hari?

Nah, kalau waktunya sendiri sebenarnya harus dilihat dari diri kalian sendiri. Kira-kira kalian lebih punya banyak tenaga di pagi atau malam hari? Kalau saya, memang bukan tipe orang yang bisa bangun pagi dan aktifitas berat. Sedangkan di malam hari walau pun lelah karena kerjaan kantor, entah gimana saya merasa lebih punya tenaga untuk melakukan hal-hal lebih. Makanya, untuk diri saya sendiri, saya lebih memilih olahraga di malam hari.

Waduh, kalau olahraga pagi-pagi, nanti siang akan ngantuk dong? Tentu tidak. Ketika kita olahraga, tubuh kita mengeluarkan hormon endorphin yang bikin badan kita segar. Lalu gimana tim malam hari? Tenang saja, kamu masih akan punya energi untuk olahraga kok. Awalnya saat datang ke kelas memang akan terasa mager, tapi kalau sudah dijalani pasti akan terasa segar deh, malah badan terasa lebih energised dibandingkan sebelumnya

Baca juga: Insight FDHQ Trainer Olahraga Favorit FDBabes

Belum cukup alasan saya di atas? Mungkin dua hal di bawah ini bisa membantu kalian menemukan niatan olahraga.

Cari partner olah raga

Dari pengalaman saya yang dulu malas sekali pergi ketempat olah raga sendiri, ternyata dengan adanya teman seperjuangan malah bikin saya lebih semangat untuk olah raga. Yang saya rasakan sih, ketika mengatur jadwal bareng teman, rasanya kita seperti saling menyemangati satu dan yang lainnya. Selain itu, saat sesi olahraga pun terasa lebih fun karena ada teman seperjuangan yang kita kenal.

Screen Shot 2019-04-01 at 3.40.55 AM

image source: instagram.com/sanastudio

Jenis olah raga

Nah, ini juga menjadi penentu gimana kamu mau niatin untuk datang ketempat olahraga. Jenis, tempat dan pelatih itu menjadi pegangan besar menurut saya. Karena kalau tempat nggak mendukung, tentunya kita nggak akan niat untuk datang kesana. Mau capek atau jauh, ketika nemu tempat, jenis dan coach yang pas, kamu pasti rela deh menembus kemacetan. Good vibes place gonna bring you alot of good vibes energy after that.

Selamat mencoba!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment