Tips Makeup & Fotografi dari Bubah Alfian, Andaws, dan Rio Motret di NIVEA PlayStudio

Kamu sedang merintis karier sebagai MUA? Wajib intip tips makeup & fotografi dari Bubah Alfian, Andaws, dan Rio Motret!

Beberapa tahun terakhir ini, jumlah beauty enthusiasts semakin meningkat, sehingga profesi makeup artist (MUA) pun semakin banyak peminatnya. Apa lagi sejak kehadiran Instagram dan Youtube, para aspiring MUAs dapat dengan mudah membangun portfolio online. Nah, di sisi lain hal ini juga menjadi tantangan baru karena semakin banyak MUA yang lahir, persaingan pun tentu semakin ketat.

To be an expert, you’ve got to learn from the experts! Makanya pada hari Selasa, 26 Maret 2019 lalu NIVEA dan Female Daily mengadakan intimate sharing session dengan tiga expert dalam makeup dan fotografi di NIVEA PlayStudio. Bubah Alfian, Andaws, dan Rio Motret berbagi pengalaman dan tips dengan 9 MUA terpilih dari Bubah Squad. “Saya dulu mulai jadi MUA belum ada Instagram, jadi saya bikin portfolio itu dari jadi MUA di majalah. Di sana, selain skill makeup saya yang terasah, saya juga jadi belajar banyak dari para stylists dan fotografer tentang makeup yang cocok untuk photosoot.”, cerita Bubah.

 

nivea1

 

nivea6

Salah satu fotografer yang sering kerjasama dengan Bubah adalah Rio Motret. Fotografer dengan 2 juta followers di Instagram ini berbagi bahwa selain persoalan teknis, MUA dan fotografer juga perlu punya chemistry yang baik untuk menghasilkan beauty photos yang optimal. Nah, Andaws yang mulai menekuni karir MUA-nya sejak 2013 juga mengatakan hal serupa, “Kita memang perlu foto-foto klien makeup untuk portfolio, tapi jangan egois. Tunjukkan attitude yang ramah dengan fotografer yang bekerja bareng saat itu.”

Selama acara berlangsung, para Bubah Squad juga bisa bertanya langsung pada Bubah, Andaws, dan Rio. Ini dia, lima tips yang sudah saya rangkum:

Makeup Harus Rapi

Meski saat photoshoot akan banyak faktor pendukung, seperti lighting dan proses retouching, makeup harus sudah rapi. “Pastikan bulu mata asli dan bulu mata palsu selalu ke arah atas karena kalau bulu mata aslinya turun, tapi yang palsu lentik, nanti akan sulit di-edit.” tukas Rio. Bubah dan Andaws pun mengatakan bahwa meski di foto bisa di-edit, makeup harus rapi juga saat dilihat in real life.

Portfolio yang Nggak Monoton

Kalau buka akun Instagram MUA, biasanya kita akan melihat banyak sekali foto wajah klien-kliennya. Meski ini bisa menunjukkan kemampuan makeup, lama-kelamaan kesannya akan monoton. Andaws dan Bubah mengatakan bahwa variasi itu penting. “Update juga sedikit tentang keseharian kita, misalnya kalau aku suka share tentang kegiatan olahraga. Sekarang para potential clients juga pingin tahu lho the person behind the brushes.”

Pahami Lighting

Bukan hanya makeup, MUA juga harus paham lighting. It can make or break your creation. Hindari produk makeup ber-SPF agar nggak terjadi flashback. Arah pencahayaan tertentu juga dapat membuat makeup terlihat unflattering. Tips dari Rio, “Untuk yang berwajah bulat, hindari lighting dari samping. Kalau untuk beauty shoots biasanya saya lebih suka satu ring light dari arah depan.” Selain itu, penting juga untuk para MUA memiliki kamera mirrorless untuk mendukung pembuatan portfolio.

Attitude yang Menyenangkan

Setelah masalah teknis, yang juga nggak kalah penting adalah attitude. Sikap ramah terhadap klien itu sangat penting untuk membuat suasana lebih nyaman. Bubah yang sudah sering menjadi MUA selebriti berbagi tipsnya, “Kalau mau makeup-in penyanyi, saya pasti dengerin lagu-lagunya dulu. Terus saat proses makeup kita bisa nyanyi bareng. Suasana jadi lebih cair. “

Jangan Lupakan Kesehatan

Beberapa tahun lalu Bubah Alfian mengaku sering mengabaikan kesehatannya karena alasan pekerjaan, tapi kini sudah nggak lagi. Ia lebih selektif dalam memilih job agar sesekali bisa istirahat. Andaws pun juga lebih menjaga kesehatan dengan olahraga lima jam seminggu.  “Penyakit teman-teman MUA itu biasanya otot kaku dan lower back pain. Makanya penting banget olahraga yang banyak gerakan stretching seperti pilates misalnya. Dengan olahraga aku juga merasa lebih prima dan nggak gampang capek.”

nivea7

Setelah puas berbagi pengalaman dan tips, acara ditutup dengan sharing testimoni dari 9 MUA Bubah Squad. MUA terpilih dari tujuh kota di Indonesia ini mengungkapkan rasa terima kasih mereka pada NIVEA dan Bubah Alfian yang telah memberikan wadah untuk berkembang menjadi MUA yang expert.