2 Step Skincare Mudah untuk Kulit Lebih Cerah

Mendapatkan kulit lebih cerah sebenarnya nggak sulit. Coba 2 step skincare mudah ini dulu.

Tinggal di negara beriklim tropis dan dengan tikat polusi tinggi, masalah kulit kusam seringnya sulit dihindari. Nggak perlu deh panas-panasan pergi liburan ke pantai, rutin berangkat ke kantor naik kendaraan umum saja bisa bikin kulit kelihatan nggak cerah, warnanya nggak merata, bahkan sampai muncul sun spots. Kulit kusam juga nggak terjadi sekejap, melainkan karena ada proses bertahap yang terjadi kalau kita sering terpapar sinar matahari tanpa perlindungan yang optimal.

Bagaimana sih tahapan terjadinya? Pertama, paparan sinar UV akan mengaktifkan enzim tyrosinase dalam kulit. Enzim ini lah yang punya peranan mengontrol produksi melanin. Kedua, enzim tyrosinase akan mempercepat sel melanosit untuk memproduksi melanin sebagai mekanisme perlindungan kulit dari sinar UV. Selanjutnya, melanin akan ditransfer keratinosit di lapisan paling atas dari epidermis. Nah, semakin banyak melanin yang terbentuk, semakin gelap pula lah area kulit tersebut.

Meski begitu, bukan berarti problema kulit kusam ini nggak bisa diatasi kok. Selain tentunya wajib pakai sunscreen (dengan SPF at least 30) dan rajin re-apply, ada juga 2 step skincare yang mudah agar kulit terlihat cerah dan nggak kusam. Pasti sudah familiar kan dengan holy trinity: cleanse, moisturize, and protect? Yup, sebelum mencoba skincare routine yang lebih kompleks, kita sudah wajib rajin melakukan 3 langkah ini. Nah, 2 step yang saya sebutkan di atas, masuk ke bagian moisturize, yaitu Day Cream dan Night Cream.

Day cream

Seringkali step ini diabaikan, terutama oleh pemilik jenis kulit berminyak. Padahal kulit berminyak pun masih butuh pelembap tambahan, lho. Ini berfungsi untuk menjaga dan memperkuat moisture barrier kita. Moisture barrier yang rusak tentunya dapat membuat kulit lebih sensitif, termasuk terhadap paparan sinar UV.

Setelah membersihkan wajah di pagi hari, lindungi kulit dengan day cream yang diperkaya kandungan pencerah seperti AHA, Vitamin B3, dan Licorice Extract. Selain itu pilih juga yang dilengkapi dengan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi kulit dari polusi dan radikal bebas. Rekomendasi day cream dari brand lokal adalah Wardah Lightening Day Cream. Selain diperkaya MoistBright Actives yang dapat menjaga kelembapan kulit dan membuatnya terlihat cerah, day cream ini juga akan melindungi kulitmu dari sinar matahari dengan SPF 30 PA++. Meski begitu, agar perlindungannya tetap optimal, saya tetap menyarankan untuk menggunakan sunscreen tambahan dengan takaran yang sesuai, ya.

Night Cream

Nah, di malam harinya, tetap jangan skip moisturizer! Kita butuh moisturizer yang bisa bekerja ekstra karena pada saat tidur, terjadi proses regenerasi kulit yang disertai trans epidermal water loss. Kadar air dalam kulit akan menguap sehingga membuat kulit kering di pagi harinya dan kelihatan nggak glowing. Wardah Lightening Night Cream dengan 7 Active White Complex serta Vitamin B3 dan AHA akan membantu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit terlihat lebih cerah, lembap, dan kenyal.

Kamu sudah rutin melakukan 2 step skincare ini belum?