banner-detik

haircare

Kesalahan Saat Menggunakan Serum Rambut

seo-img-article

Sering pakai hair serum tapi rambut tetap kering dan bercabang? Bisa jadi kamu salah cara pemakaiannya.

Kalau kamu sering menggunakan hair styling tools, seperti hair dryer, hair curler atau catokan, tentunya penggunaan hair serum atau heat protectant sangat penting. Dengan memakai kedua produk ini, tentunya sangat membantu untuk meminimalisir kerusakan rambut, seperti bercabang atau rambut kering.

Namun, kalau cara pemakaian hair serum atau heat protectant ini salah, yang ada fungsinya akan terbalik. Bukannya merawat, menutrisi dan menjaga rambut dari dampak buruk menggunakan hair styling tools, malah bikin rambut tambah rusak. Nah, kalau kalian ingin tahu cara aman dan tepat menggunakan hair styling tools, simak beberapa tips di bawah ini:

Tips-Mengakali-Rambut-Kering-Rusak-3

Baca juga: Tren Baru 7 Step Haircare Ala Korea

 Jangan menggunakan hair vitamin berlebihan!

Fungsi hair serum di sini bukan hanya untuk memberikan vitamin pada batang atau helaian rambut saja. Tapi, fungsinya untuk menutup kutikula pada helaian rambut, agar rambut nggak mudah kusut atau frizzy setelah terkena udara luar seharian. Penggunaan hair serum sendiri, sebaiknya pada saat kondisi rambut masih setengah basah, dan diaplikasikan mulai dari bagian tengah rambut hingga pangkal. Kalau diaplikasikan hingga akar rambut yang ditakutkan, nantinya rambut mudah berminyak atau lepek.

Baca juga: 5 Penyebab Rambut Rusak

menggunakan-styling-tools-yang-baik-dan-benar

Baca juga: 4 Produk Wajib untuk Rambut Keriting

Nggak menunggu serum atau heat protectant menyerap

Siapa di sini, yang habis pakai hair serum atau heat protectant langsung menggunakan catokan? Ngeh nggak sih, saat kalian melakukan hal ini, rambut akan berasap dan tercium bau gosong? Nah, kalau ini terjadi, heat protectant yang kamu pakai tadi, malah jadinya ‘membakar’ rambut kamu. Sehingga yang terjadi rambut malah jadi rusak dan kering, pasti kamu akan langsung merasa deh, kalau rambut jadi kasar dan kaku.

Untuk menghindari hal ini terjadi, sebaiknya saat menggunakan hair serum atau heat protectant tunggu dulu hingga meresap atau sampai rambut nggak terasa basah lagi. Kalau dirasa sudah kering, baru deh, kamu lanjutkan dengan menggunakan hot styling tools. 

Baca juga: Mencegah Rambut Rusak Karena Berenang

Mengaplikasikan hair serum terlalu kasar

Cara menggunakan hair serum yang benar adalah dengan arah dari atas ke bawah, bukan dengan digosok-gosok. Kalau digosok-gosok yang ada, kita merusak kutikula rambut yang akhirnya menyebabkan rambut mudah kusut dan patah-patah.

Itu tiga tips menggunakan hair serum/heat protectant yang tepat. Jangan sampai salah lagi ya, supaya rambut kamu tetap terjaga kesehatannya.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment