banner-detik

haircare

Yuk, Donasi Rambut ke Yayasan Kanker Indonesia

seo-img-article

Tahu nggak sih kalian, kalau ada yang namanya donasi rambut untuk penderita kanker? Kalau penasaran apa fungsi dan syaratnya, yuk simak artikel ini. 

Awal tahun ini, Imani, Video Producer Female Daily, baru aja memotong rambut panjangnya menjadi pendek. Tujuan Imani di sini nggak sekedar ingin mengubah gayanya saja lho, tapi sekaligus ingin menyumbang rambutnya ke YKI. Mungkin kalian belum terlalu familiar kali ya dengan konsep ini. Makanya di artikel ini, saya akan ngebahas fungsi, manfaat dan caranya supaya kalian bisa menyumbangkan rambut kalian.

Donasi Rambut ke Yayasan Kanker Indonesia-2

 

Jadi alasan potong rambut kenapa sih?

“Jadi, sebenarnya memang gue sudah lama banget pingin potong rambut, tapi masih maju mundur untuk potong atau nggak? Sampai suatu saat, gue lihat postingan Ankatama, MC yang biasa di hire oleh FD, dia share kalau dia potong rambut dan disumbangkan ke YKI. Karena sharingan Anka ini, gue jadi semakin mantep untuk potong pendek. Gue ngerasa kalau gue potong rambut, gue bukan hanya ganti gaya rambut aja, tapi jadi ada maknanya, yaitu disumbangkan ke pasien penderita kanker.”

Fungsinya menyumbang rambut ini apa sih, Man?

“Jadi, nantinya rambut-rambut yang disumbangkan ke YKI ini akan dijadikan wig untuk para pasien yang menderita kanker. Hasil pembuatan wig akan disumbangkan pada pasien nggak PD mengalami kebotakan akibat pengobatan kanker.”

Donasi Rambut ke Yayasan Kanker Indonesia-4

Ada persyaratan khusus untuk tipe rambutnya nggak?

“Rambut yang bisa disumbangkan harus yang masih virgin hair dan panjangnya minimal 25cm. Kalau untuk rambut yang pernah diwarnai sebenarnya boleh-boleh aja sih, tapi make sure sisa pewarna rambutnya sudah luntur. Kenapa nggak terima rambut yang sudah diwarnai? Soalnya rambut-rambut ini kan akan dijadikan wig, jadi tujuannya supaya rambut yang didapatkan itu warnanya satu tone.”

Apakah ada biaya khusus untuk melakukan sumbangan ini?

“Nggak ada biaya yang harus kita bayarkan kok, paling kita hanya keluar uang untuk potong rambut dan ongkos pengiriman rambutnya dari rumah kita ke YKI.”

Sistem pengiriman rambutnya?

Kondisi rambut yang ingin disumbangkan harus dalam kondisi bersih atau sudah dikeramas, ya. Kemudian rambutnya harus diikat demi memudahkan untuk diproses menjadi wig. Saat dikirim, rambut dalam keadaan kering dan guntingan rambut dimasukkan kedalam kantong plastik zip lock untuk dikirim ke Yayasan Kanker Indonesia. Jangan lupa untuk masukin data diri kalian seperti nama dan no HP, supaya bisa dikirimin sertifikat ucapan terimakasih dari YKI. Untuk alamat pengirimannya sendiri ada di :

Jl. Dr. GSSJ Ratulangi No.35,
RT.2/RW.3, Gondangdia, Menteng,
Kota Jakarta Pusat,
Daerah Khusus Ibukota

Wah, thank you banget ya Man udah sharing mengenai sumbangan rambut ini. Jadinya, sekarang kalau mau potong rambut bisa langsung dijadikan donasi untuk pasien-pasien kanker yang membutuhkan. Ternyata hanya memotong rambut saja bisa jadi gerakan positif, ya.

Kalau kalian butuh informasi lebih lanjut mengenai Hair to Share YKI, kalian bisa mengunjungi website resmi mereka di Yayasankankerindonesia.org.

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment