10 Perusahaan yang Menguasai Brand Kecantikan

Tahukah kamu, dari mana skincare dan makeup favoritmu berasal? Apakah kamu selama ini tahu siapa yang pemilik brand kecantikan kesayanganmu? Uniknya, nggak semua perempuan menaruh perhatian pada kepemilikan brand, padahal semua menikmati perawatan kulit, rambut, dan tubuh serta memakai makeup setiap hari.

 

eye-shadows-with-powder-brushes-table_23-2148046968 - body

Saya pribadi merasa beauty adalah industri besar yang selalu menarik untuk disimak. Perkembangan produk kecantikan bahkan bisa lebih cepat dari perputaran tren di dunia fashion atau kemunculan gadget terbaru. Satu brand bisa memiliki produk lebih dari 20 jenis dan ada ratusan brand kecantikan di dunia yang selalu mengembangkan formulanya, sehingga selalu ada produk baru yang akan hadir. Bayangkan, ada berapa produk yang ada di dunia ini?

Bagi beauty editor seperti saya, kadang ada satu minggu yang isinya dipadati oleh undangan beberapa brand yang sama-sama meluncurkan produk baru. Belum lagi belakangan ini mendengar kesuksesan Kylie Jenner yang belum lama masuk Forbes atau kehadiran nama-nama baru di pasar lokal. Artinya, beauty benar-benar bisnis yang sangat potensial, sebuah dunia raksasa yang diperkirakan akan terus berkembang dan dibutuhkan sampai kapanpun, selama perempuan masih ada.

beauty-concept-beautiful-caucasian-woman-with-clean-skin-natural-make-up-isolated-bright-pink-background-with-copy-space_1258-1031 - 642

Tapi, sebenarnya perusahaan apa saja ya yang menguasai beauty empire ini? Berikut 11 perusahaan raksasa pemilik beragam brand kecantikan yang harus kamu tahu!

1. L’Oréal Group

Siapa yang nggak kenal L’Oreal? Grup asal Prancis yang sudah berumur 100 tahun ini awalnya dibangun dengan menciptakan produk pewarnaan rambut, tapi kini sudah menaungi banyak sekali brand kecantikan, di antaranya: L’Oréal Paris, L’Oréal Professionnel, Kérastase , Lancôme, Kiehl’s, YSL Beauty, Urban Decay, Viktor & Rolf, Redken, Shu Uemura, Skinceuticals, The Body Shop, La Roche Posay, IT Cosmetics, Vichy, Giorgio Armani, Garnier, Roger & Gallet, Essie, NYX, Biotherm, Clarisonic, Decleor, Matrix, Maybelline, Pureology, Maison Margiela, Carita, Proenza Schouler, dan masih banyak yang lainnya. Wow, kamu pasti sudah nggak asing dengan produk-produk tersebut kan?

loreal models- 642

Para model campaign L’Oréal dari masa ke masa.

 

2. Estée Lauder Companies

Perusahaan keluarga asal New York yang didirikan tahun 1947 ini diawali hanya dengan empat produk saja: lotion, cleansing oil, crème pack dan all purpose cream, tapi sekarang telah menjadi salah satu kerajaan kecantikan terpandang di dunia. Brand milik Estée Lauder Companies  di antaranya adalah Estée Lauder, Aerin, Bumble and Bumble, Bobbi Brown, Becca, Aveda, Clinique, La Mer, Le Labo, Lab Series, MAC, Origins, Smash Box, Tom Ford Beauty, Jo Malone, Too Faced, Glamglow, Ermenigildo Zegna, Tory Burch, Tommy Hilfiger, Donna Karan, Darphin, Rodin Olio Lusso dan yang sempat menjadi berita hits dan kontroversial, Deciem. Banyak ya? Mana yang jadi favoritmu?

3. Shiseido Group

Brand Shiseido sudah ada jauh sebelum kita (bahkan orang tua kita) bisa berdandan! Didirikan tahun 1872 di Ginza, Tokyo, Shiseido adalah farmasi pertama bergaya Western yang ada di Jepang. Label ini juga yang pertama kali menghadirkan es krim ke Negeri Sakura itu, lho!

SHISEIDO GROUP - 642

Nggak heran kalau Shiseido Group jadi salah satu yang paling bergengsi dan memiliki beberapa brand kecantikan seperti Shiseido, Shiseido Professional, Laura Mercier, Aqua Label, Issey Miyake, Majolika Majorca, Avène, Maquillage, Narciso Rodriguez, NARS, Bare Minerals, Clé de Peau, Senka, Serge Lutens, Dolce & Gabbana, Elie Saab, Elixir, Pure & Mild dan sederet nama populer lainnya.

4. LVMH (Louis Vuitton Moët Hennessy)

Siapa yang selama ini menganggap bahwa LVMH hanya memegang beragam label fashion? Ternyata, grup mewah ini juga membawahi banyak brand kecantikan seperti Acqua di Parma, Benefit, Christian Dior, Fendi, Fresh, Guerlain, Kenzo, Loewe, Givenchy (parfum), Make Up For Ever, dan taman bermain kesayangan semua perempuan, Sephora.

LVMH juga memiliki Kendo, sebuah perusahaan yang khusus menangani brand kecantikan yang niche, yang juga tersedia di Sephora. Apa saja yang dipegang oleh Kendo? Bite Beauty, Formula X, Kat Von D, Marc Jacobs Beauty, Ole Henriksen yang berasal dari Denmark, dan label bersinar milik Rihanna, Fenty Beauty yang dupe highlighter-nya pernah dibahas sama Arum beberapa waktu lalu.

fenty beauty - 642

5. Unilever

Perusahaan Inggris-Belanda ini pasti sudah akrab dong di telingamu. Sebagai consumer goods company ketiga terbesar di dunia, Unilever sudah menyajikan begitu banyak nama yang sangat populer di industri kecantikan, misalnya Vaseline, Axe, Clear, Dove, Fair & Lovely, Lakme, Lifebuoy, Sunsilk, Pond’s, Rexona, TRESemmé, TIGI, sampai brand yang baru tahun lalu masuk ke Indonesia, St. Ives.

Pada tahun 2014 dan 2015, Unilever melirik label yang lebih premium dan membeli Dermalogica, Murad, REN, serta Kate Somerville. Unilever juga telah mengakuisisi Hourglass yang terkenal dengan kualitas foundation dan highlighter-nya, serta brand perawatan rambut mewah yang sempat dibintangi oleh Jennifer Anniston, Livingproof, dan memiliki Hourglass, makeup mewah yang terkenal dengan kualitas foundation dan highlighter-nya.

6. P&G (Proctor & Gamble)

Brand perawatan rambut terkenal seperti Head & Shoulders, Pantene, Rejoice, Aussie, dan Herbal Essences adalah milik P&G. Dua merk skincare yang sudah nggak asing lagi, Olay dan SK-II juga dimiliki oleh perusahaan multinasional asal Amerika ini.

SK-II FTE - 642

7. Johnson & Johnson

Sama seperti Shiseido Group, perusahaan ini sudah sangat tua. Johnson & Johnson hadir tahun 1887 di New Jersey, Amerika. Brand yang dinaunginya memang nggak terlalu banyak, tetapi sudah sangat tersohor dan kamu pasti pernah memakainya, di antaranya: Johnson & Johnson Baby, Clean & Clear, Neutrogena, dan  brand perawatan tubuh yang baru aja masuk ke Indonesia, Aveeno.

8. Beiersdorf

Perusahaan asal Jerman ini memegang produk mass seperti Nivea dan Eucerin, sampai produk mewah dan eksklusif seperti La Prairie yang terkenal berkat skincare dengan kandungan caviar.

9. Coty

Didirikan oleh Francois Coty 115 tahun lalu di Paris, Coty menaungi berbagai brand wewangian ternama seperti Alexander McQueen, Bottega Venetta, Calvin Klein, Chloe, CK, Davidoff, Gucci, Hugo Boss, Jill Sander, Marc Jacobs, Miu Miu, Tiffany & Co, Vivienne Westwood, David Beckham, Lady Gaga, Celine Dion, Katy Perry, dan Madonna. Coty juga merupakan pemilik dari berbagai rumah kecantikan seperti Rimmel, Wella, OPI, Sally Hansen, Sassoon Professional, Max Factor, Cover Girl, Miss Clairol, Pierre Cardin, dan merk alat penata rambut berkualitas, GHD.

GHD-Gold-Classic-Styler - 642

10. Kao

Perusahaan asal Jepang yang lekat dengan brand Biore ini sekarang menjadi multinasional, karena telah menarik masuk John Frieda dan Molton Brown yang berasal dari Inggris.

Hmmm.. ada berapa banyak yang baru kamu tahu sekarang?