6 Seleb Perempuan Hollywood Pemilik Brand Kecantikan

Meski menjalani karir sebagai model, aktris, bintang iklan, influencer dan juga seorang ibu, para seleb ini juga sibuk berbisnis. Mulai dari Miranda Kerr, Jessica Alba, dan Kylie Jenner, semua merupakan ladyboss bagi perusahaan kecantikan yang mereka dirikan. It’s true, women are jugglers.

Pasti menyenangkan menjadi terkenal dan berada di dunia keartisan yang glamor, penuh privilege dan spotlight. Tapi, seperti roda yang terus berputar, ketenaran itu bisa jadi redup atau bahkan menghilang. Itu sebabnya saya selalu kagum dengan mereka yang nggak take it for granted dan berani membangun bisnis. Mereka sadar bahwa suatu hari mereka akan menua dan Hollywood mungkin nggak membutuhkan mereka lagi. Selain itu, mereka tentu saja tahu betul bahwa popularitas mereka bisa ikut mendongkrak bisnis yang dijalankan.

Dari sekian banyak peluang, beauty jadi sesuatu yang mereka pilih. Menurut saya, ini sangat seru. Karena, dengan banyaknya perempuan yang terjun serius ke bisnis kosmetik, maka artinya semakin banyak opsi yang ada di pasaran buat para pencinta kencantikan. Setiap brand punya keunikan masing-masing dan mewakili karakter pemiliknya.

Inilah 6 seleb perempuan yang telah sukses membangun brand kecantikan sendiri:

Jessica Alba – The Honest Company

JESSICA ALBA HONEST - 642

Perusahaan yang mengunggulkan ethical consumerism ini didirikan tahun 2011 karena Jessica merasa membutuhkan produk perawatan bayi yang aman. Diawali dengan meluncurkan 17 produk saja, kini Honest sudah punya beragam produk terkait kebutuhan ibu dan anak, mulai dari toiletries untuk bayi, diapers, deterjen bayi, sampai vitamin untuk ibu hamil. Tahun 2017 lalu, keuntungan Honest sudah mencapai 1 milyar dollar!

HONEST EYESHADOW PALETTE - 642

Jessica pun memutuskan memiliki lini baru berupa skincare dan makeup yang bernama Honest Beauty, dengan desain simpel dan bebas dari kandungan paraben, sulfat, petroleum dan phthalate. Siap-siap teracuni saat menjelajah website resminya!

Miranda Kerr – KORA Organics

MIRANDA KERR - 642

Tahukah kamu bahwa sebelum sukses jadi model, Miranda Kerr pernah belajar tentang nutrisi dan kesehatan psikologi? Itulah yang membuat ibu dua anak ini akhirnya membangun brand kecantikan KORA. Sama seperti negara asal Miranda, semua produk KORA dibuat di Australia.

KORA ORGANICS TRAVEL ESSENTIALS - 642

Semuanya organik, tidak diuji coba pada hewan, dan mayoritas vegan (kecuali lip balm dan cleansing bar). Seri Noni Glow dan Rose Quartz dari Kora sedang jadi best-seller saat ini. Kulit Miranda Kerr yang tetap muda dan glowing di usia 36 adalah salah satu alasan kita untuk mengeksplorasi produk KORA lebih jauh!

Gwyneth Paltrow – Goop

Monique Lhuillier Launch Party at goop pop Dallas

Goop bukan sekadar brand kecantikan, lho. Perusahaan yang dibangun tahun 2008 oleh mantan pasangan Chris Martin ini juga punya produk wellness, fashion, dan lain-lainnya, yang intinya berfokus pada lifestyle yang bersih dan sehat.

GOOP - HOW GOOPY ARE YOU - 642

 

Untuk produk beauty-nya, Goop bekerjasama dengan Juice Beauty, perusahaan kecantikan organik yang sudah ada sejak tahun 2000. Website Goop juga menjadi marketplace untuk clean beauty brand lainnya seperti RMS, Tata Harper, dan The Organics Pharmacy. Meskipun banyak dikritik karena terlalu mahal (night cream Goop dijual seharga USD 140 atau Rp1.960.000,-), tapi Goop tetap bertahan hingga sekarang, bahkan rutin menggelar Goop Health Summit.

Kylie Jenner – Kylie Cosmetics

KYLIE JENNER - 642

Not a fan of her, tapi rasanya sulit menghindari fakta bahwa Kylie Jenner sukses dengan brand kecantikan yang didirikannya, Kylie Cosmetics. Diawali dengan lip kit yang booming di tahun 2015, kini Kylie Cosmetics punya beragam eyeshadow palette, blush lip gloss hingga setting powder, dan berencana terus mengembangkan varian produknya.

KYLIE COSMETICS HIGH GLOSS BUNDLE - 642

Baru-baru ini Forbes mengestimasi pendapatan Kylie Cosmetics mencapai USD 800 juta sehingga membuat Kylie menjadi milyuner yang sangat muda, yaitu 21 tahun. Bahkan Mark Zuckerberg mencapai titik kesuksesan itu di usia 23 taun! Kylie bilang, “It’s the power of social media.”

Produk Kylie Cosmetics mana yang paling kamu suka?

Kim Kardashian – KKW Beauty

KIM K - 642

Keluarga besar Kardashian-Jenner memang terkenal haus sensasi dan sang ibu, Kris Jenner, adalah PR dan manager yang sangat “pintar” memanfaatkan sensasi-sensasi tersebut untuk meraup keuntungan lebih banyak lagi! Selain Kylie, Kim K juga merilis brand kecantikan bernama KKW Beauty sejak tahun 2017, yang lebih bernuansa nude dan mengedepankan contouring seperti gaya makeup kesukaan Kim.

KKW CREME CONTOUR - 642

Tapi Kim dan Kylie tentu nggak mau melewatkan peluang kolaborasi, sehingga ada produk KKW x Kylie Lip Set yang bisa menjaring fans dari kedua belah pihak. Selain itu, Kim juga mengeluarkan fragrance, yang diberi nama KKW Fragrance yang sampai saat ini sudah ada 4 rangkaian, yaitu KKW Body, KKW Hearts, KKW Kimoji, dan KKW Crystal Gardenia.

Rihanna – Fenty Beauty

RIHANNA - 642

Nggak cukup jadi pop-star yang selalu mencetak lagu hits, Rihanna mencoba peruntungan lain seperti bermain film, serta meluncurkan brand kecantikan. Yang terakhir ini jelas laris berat, karena Fenty Beauty datang sebagai brand inklusif yang menawarkan makeup untuk semua warna kulit. Foundation-nya hadir dalam 50 shade dan highlighter-nya punya pilihan warna unik yang lebih “keluar” ketika diaplikasikan di rona kulit yang lebih gelap. Majalah Time menyebutkan Fenty Beauty sebagai salah satu “Best Inventions” di tahun 2017, tahun yang sama ketika brand itu diluncurkan. Fenty Gloss Bomb yang belum masuk sini tapi ternyata jadi pemenang di BOBA 2018 lalu, juga jadi salah satu produk favorit banyak banget FD Babes, seperti Ochell, Kristi dan Imani!

KILLAWATT FOIL HIGHLIGHTER PALETTE - 642

Apakah kamu sudah mencoba semuanya? Atau ada nggak sih seleb lain yang kamu harap membuat brand kecantikan? FYI, list ini akan terus bertambah, karena Victoria Beckham juga akan meluncurkan VB Beauty tahun ini!