Ini yang Menjadi Alasan Cewek Korea Pakai Skincare Berlapis-lapis

Pakai skincare 12 step ternyata bukan hanyalah sebuah tren di Korea, tapi keharusan demi kulit tetap sehat!

Punya niatan ke Korea menjelang musim dingin nanti? Kamu harus benar-benar mempersiapkan rangkaian skincare yang akan digunakan selama di sana. Jangan menganggap remeh musim dingin di Korea, atau kamu bakalan ngalamin kulit kering, break out, dan bibir pecah-pecah seperti saya.

Pernah nggak, kalian berfikir kalau cewek-cewek Korea atau tren skincare 12 layer itu sedikit hiperbola? Atau bertanya, apa sih tujuannya pakai skincare berlapis seperti itu? Sama, saya juga sempat berfikir seperti itu kok, haha. Tapi ternyata tren skincare berlapis yang datang dari Korea itu, bukan hanya gimmick, tapi sebuah kewajiban yang dilakukan kalau mau kulit sehat dan aman sentosa saat musim dingin.

Jadi, akhir bulan lalu saya mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi Korea Selatan. Tentunya senang banget, karena di sana masih musim dingin, tapi bukan musim dingin yang ekstreme. Pikir saya, cuacanya pasti bersahabat banget deh, karena kalau cek cuaca pun, paling dingin hanya dua derajat saja di malam hari. Di siang hari pun matahari cukup kencang dan angin yang nggak terlalu dingin.

Ini yang Menjadi Alasan Cewek Korea Pakai Skincare Berlapis-lapis

Maka dari itu, persiapan skincare saya selama di Korea kemarin nggak terlalu heboh. Yang saya siapkan kemarin untuk menjaga kelembapan kulit adalah hydrating lotion (2 layer), calming serum, eye cream, moisturiser gel, dan Lucas Papaw untuk lip balm dan pelembap untuk kulit eczema saya. Dan ternyata produk yang saya pakai ini, kurang banget untuk melembapkan kulit. Bahkan Lucas Papaw saja nggak ampuh melembapkan bibir saya yang kering. Baru pakai lima menit, rasa lembap Lucas Papaw sudah hilang. Karena persiapan skincare yang kurang, alhasil saat di sana, akhirnya bibir saya kering yang sampai perih dan berasa tebal, eksema yang nggak sembuh-sembuh dan puncaknya saat pulang ke Jakarta, ternyata kulit bagian hidung saya terkelupas.

Perawatan-Dokter-Kulit-4

Setelah saya mencari tahu mengenai iklim di Korea, ternyata Korea selatan dipengaruhi oleh 2 arah angin; saat musim dingin dipengaruhi oleh angin dingin dari benua asia, saat musim panas udara hangat dan lembap dari daerah tropis. Maka dari itu musim dingin di Korea adalah musim terkering di negara ini.

Karena sudah mengalami sendiri kondisi musim dingin di Korea, saya jadi nggak heran kalau banyak brand dari negara ini yang merilis berbagai produk skincare yang fungsinya untuk melembapkan atau mengunci kelembapan pada kulit. Dan nggak heran juga, kalau di Korea tahapan 12 step skincare sudah wajib hukumnya.

Jadi, tips saya buat kamu yang mau ke Korea saat musim dingin, siapkan hydrating toner (sebaiknya tiga lapis), serum HA, pelembap yang teksturnya tebal, sleeping mask, sheet mask, dan lip mask supaya bibir nggak ikutan kering juga. Pokoknya, pakailah skincare yang sifatnya melembapkan dan kaya akan Hyaluronic Acid, supaya kulit aman.

Tenang aja, meskipun kesannya melelahkan, tapi ritual skincare yang banyak itu akan kamu rasakan hasilnya. Semangat ya!