FD Poll : Foundation atau BB Cushion

BB Cushion atau foundation? Yang satu klaimnya lebih praktis untuk dibawa traveling dan satunya lebih ribet. Tapi kalau dari segi ekonomisnya, gimana ya kira-kira? 

Produk complexion memang banyak banget jenisnya, ada foundation, tinted foundation, BB cream, CC cream dan juga BB cushion. Tapi dari kelima jenis tersebut, foundation dan BB cushion lah yang paling populer sekarang ini. Kalau foundation populer wajar ya, mengingat ini adalah produk complexion senior dan pilihannya pun paling banyak, baik dari segi brand, hasil akhir, sampai pilihan warna. Sedangkan BB cushion, walau pun paling junior dibandingkan yang lainnya, langsung masuk ke urutan ke dua terfavorit karena tingkat kepraktisannya dan tentunya demam K-Beauty yang semakin pesat.

Foundation VS BB Cushion-2

Kenapa keduanya bisa lebih menonjol dibandingkan yang lainnya? Karena baik foundation dan BB cushion, menawarkan hasil akhir yang bermacam-macam dan coverage yang medium to full, sesuai dengan tren makeup saat ini. Perbedaan yang paling menonjol dari kedua produk ini adalah bentuknya dan tingat sunscreen di dalamnya. BB cushion memiliki kemasan yang lebih compact, dan sudah dilengkapi dengan puff aplikatornya di dalamnya, sehingga lebih travel friendly. Dan hampir semua BB Cushion yang ada di pasar memiliki kandungan SPF 50, sehingga produk ini menjadi andalan untuk ‘touch upsunscreen through out the day. Sedangkan foundation, bentuknya tube/botol yang sudah disertai pump dispenser, dan kandungan SPF yang kecil, berkisar SPF15-20 saja. Biasanya, kandungan SPF ini juga bisa menentukan hasil akhir dari kedua produk. Normalnya, produk dengan kandungan SPF yang lebih tinggi seringkali terlihat lebih “basah” dibandingkan dengan yang punya SPF rendah.

Untuk beberapa orang, membawa foundation saat traveling rasanya terlalu effort, entah itu karena ukurannya yang dianggap besar/berat karena botol kaca, mudah pecah, dan perlu membawa sponge atau brush makeup, sehingga memakan banyak tempat dalam makeup pouch. 

Walau pun seperti itu, masing-masing produk memiliki die-hard fan-nya masing-masing. Ada yang lebih mementingkan praktis (BB cushion) dan rela mendapatkan produk yang lebih sedikit (isi BB cushion hanya 15ml). Dan ada juga yang lebih memilih effort membawa banyak produk demi mendapatkan isi yang lebih banyak.

Nah, kalau kamu sendiri gimana? #teamBBCushion atau #teamFoundation?  Tulis produk favorit beserta alasannya di comments, ya!