Beautypedia: Kolesterol dalam Skincare, Apa Saja Manfaatnya?

Dihindari dalam makanan, tapi ternyata bermanfaat buat kulit. Seperti apa peran kolesterol dalam skincare?

Kalau dengar kata ‘kolesterol’ apa saja sih biasanya yang langsung terpikir? Gorengan? Makanan berlemak? Seafood? Memang ya dalam makanan, kolesterol ini musuh yang mengerikan dan bisa jadi akar dari berbagai masalah kesehatan. Mulai dari pusing, pegal-pegal, bahkan sampai arteri tersumbat jika kadarnya sudah sangat tinggi di dalam darah.

Nah, meski punya reputasi buruk dalam makanan, beda lagi dengan dunia skincare. Ternyata kolesterol justru punya berbagai manfaat untuk kulit, terutama dalam menjaga kelembapannya. Mungkin masih kurang populer ya bila dibandingkan dengan hyaluronic acid atau shea butter misalnya, makanya di sini saya akan bahas tentang manfaat kolesterol dalam skincare.

So, what’s up with cholesterol? Sebenarnya kolesterol ini sudah ada dalam lapisan kulit kita secara alami di lapisan terluar epidermis. Tugasnya adalah menjadi pelindung pertama kulit dari pengaruh eksternal seperti polusi, panas, asap, dan sebagainya. Selain itu, kolesterol juga mengunci air dan menahan kelembapan skin barrier. Pasti sudah sering dengar kan tentang pentingnya menjaga moisture barrier? Saat moisture barrier rusak, kulit jadi mudah mengalami reaksi negatif terhadap berbagai macam faktor. Hasilnya kulit kita jadi iritasi, mudah berjerawat, atau timbul flek hitam. Kolesterol dalam skincare ini lah yang nantinya akan memperbaiki skin barrier yang telah rusak.

Screen Shot 2019-03-05 at 3.15.23 PM

Nah, dalam produk kecantikan, utamanya skincare, kolesterol yang digunakan merupakan jaringan lipid atau fatty alcohol yang didapatkan dari tumbuhan maupun hewan. Saat pertama diaplikasikan ke kulit teksturnya berlemak dan terasa waxy, namun efek “berat” ini nggak akan berlangsung lama. Biasanya kolesterol hadir sebagai thickening agent atau water binding agent dalam produk pelembap. Selain itu, karena kemampuannya dalam mengunci hidrasi, kolesterol juga biasa ditemukan dalam produk anti aging, cleanser, lip care, dan juga makeup.

Sejauh ini, memang belum banyak produk yang benar-benar menuliskan kolesterol/cholesterol sebagai key ingredient-nya kecuali Stratia Liquid Gold. Saya rasa orang awam juga malah bisa merasa ngeri ya kalau melihat tulisan “mengandung kolesterol” saat lagi hunting skincare hahaha. Tapi kalau kamu penasaran ingin mencoba manfaat kolesterol untuk kulit bisa cari produk-produk dengan kandungan NMF (natural moisturizing factors) atau dengan klaim “lipid restore”, contohnya ada di produk The Ordinary Natural Moisturizing Factors dan Skinceuticals Triple Lipid Restore.

Important to keep in mind, manfaat kolesterol untuk kulit ini nggak bisa kita dapatkan dari makanan dengan level kolesterol tinggi ya. Kolesterol yang terdapat dalam makanan akan masuk ke aliran darah dan bila level LDL (kolesterol jahat) terlalu tinggi justru mendatangkan berbagai masalah kesehatan.

Sudah pernah coba skincare dengan kolesterol?