Exfoliating Serum Baru dari Avoskin, Tertarik Coba?

Belum banyak brand skincare lokal yang meracik exfoliating serum. Saya jadi penasaran banget mencoba Avoskin Miraculous Refining Serum ini!

Sebagai pejuang jerawat, we’re always looking for the next best thing buat menyelesaikan permasalahan kulit ini. Sebenarnya jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling banyak ‘memakan korban’. Menurut American Academy of Dermatology, ada sekitar 85% orang di dunia yang mengalami masalah jerawat.

Meskipun nggak mustahil juga terjadi pada yang kulitnya cenderung kering, jerawat umumnya dialami oleh pemilik kulit berminyak. Akibatnya kulit jadi terlihat kusam dan biasanya juga diikuti sama problema pori-pori tersumbat. Makanya eksfoliasi perlu dilakukan agar sel-sel kulit mati terangkat dan kulit bisa beregenerasi.

Jenis eksfoliator sendiri beragam, diantaranya ada physical dan chemical. I’m a firm believer in chemical exfoliator karena berdasarkan pengalaman saya, lebih efektif tanpa memberikan sensasi yang abrasif terutama di bagian kulit wajah yang lagi dihinggapi jerawat.

Avoskin 2

Kandungan chemical exfoliant yang paling umum dipakai adalah AHA dan BHA dengan format exfoliating toner maupun serum. Salah satu yang saya coba adalah Miraculous Refining Serum dari Avoskin, brand skincare lokal yang namanya lagi naik daun banget beberapa tahun terakhir ini.

Dari pertama lihat packaging-nya, informasi tentang bahan aktif dalam serum ini sudah menggoda banget, yaitu 10% AHA + 3% BHA + 2% Niacinamide + Ceramide. Keempat bahan ini dipercaya dapat mengeksfoliasi kulit sekaligus menenangkan dan memperbaiki moisture barrier yang rusak.

Formula

AHA yang digunakan adalah glycolic acid 10% yang berfungsi mengangkat sel kulit mati sehingga wajah nggak terlihat kusam. Selain itu, AHA juga bisa membantu mengurangi tampilan noda hitam bekas jerawat maupun paparan sinar matahari. Untuk eksfoliasi ke lapisan kulit yang lebih dalam, salicylic acid 3% yang merupakan BHA juga hadir di Miraculous Refining Serum ini. Molekulnya yang lebih kecil dari AHA, membuat penetrasi BHA ke dalam kulit lebih dalam sehingga membantu mengatasi pori-pori tersumbat.

Menurut saya serum ini kandungannya sophisticated banget karena selain AHA + BHA, juga dilengkapi Niacinamide dan Ceramide. Kulit berjerawat seringnya mengalami peradangan sehingga terlihat kemerahan. Nah, Niacinamide atau vitamin B3 yang bersifat anti-inflammatory dapat membantu kulit lebih calm serta mengontrol minyak di wajah.

Timbulnya jerawat juga bisa disebabkan oleh moisture barrier yang rusak. Kandungan Ceramide dalam Miraculous Refining Serum dapat membantu memperbaiki lapisan moisture barrier sehingga proses penyembuhan jerawat juga lebih cepat. Alaminya, Ceramide sudah diproduksi oleh tubuh kita sendiri, namun dengan bertambahnya usia, produksinya bisa berkurang.

The Experience

Oke, setelah ingredients break-down, saya akan bahas pengalaman saya pakai Miraculous Refining Serum. Teksturnya terasa familiar buat saya yang sudah rajin pakai exfoliating serum, yaitu cairan kental dengan warna putih keabuan. I’m pleasantly surprised sama tekstur serum ini yang langsung melt saat diratakan ke kulit. A little goes a long way!

Melihat persentase AHA dan BHA yang relatif tinggi, tentu saya berekspektasi kalau serum ini akan memberikan sensasi tingling dan ini memang terjadi di awal pemakaian. Namun rasa cekit-cekit ini ringan dan nggak berlangsung lama kok. Pastikan saja kamu sudah patch test untuk mengetahui reaksi kulitmu terhadap kadar acid ini.

avoskin miraculous

Kebetulan di area pipi kiri saya lagi ada beberapa komedo yang bermukim akibat pori tersumbat. Setelah beberapa kali pakai Miraculous Refining Serum, blackhead yang memendam jadi naik ke permukaan sehingga lebih mudah diekstraksi. Beberapa jerawat pustule juga jadi lebih cepat mengering. Untuk membuktikan klaim memudarkan noda bekas jerawat, saya rasa saya masih perlu mencoba lebih lama lagi ya because tackling hyperpigmentation doesn’t happen overnight.

Nah, sebagai pemilik kulit kombinasi, terkadang wajah saya terasa kering setelah pakai salicylic acid, tapi kali ini nggak karena seperti sudah disebut di atas, serum ini mengandung Ceramide dan Aloe Vera Extract yang menjaga kulit tetap lembap tanpa jadi greasy.

The big question, serum ini boleh dibarengi dengan serum vitamin C atau nggak? Sebenarnya sih sah-sah saja selama pH vitamin C yang kamu pakai nggak terlalu rendah (re: terlalu asam/acidic) agar kandungan Niacinamide nggak ternetralisir. Yang terpenting saat memakai Miraculous Refining Serum, kamu wajib banget pakai sunscreen karena kandungan AHA+BHA dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar UV.

Final Verdict

Yup, Avoskin did it again! Saya senang banget bisa nemu serum dengan bahan aktif yang sophisticated dari brand lokal. Dibanderol seharga Rp219.000,-, Miraculous Refining Serum bisa memenuhi klaim-klaimnya dan tentunya worth to try!

Gimana, makin penasaran sama Miraculous Refining Serum?