Pentingnya Melakukan 4 Step Skincare Untuk Kulit

Seberapa panjang sih ritual kecantikan kamu tiap hari? Kalau saya, 4 step skincare ini selalu harus dilakukan.

Dulu pas jaman saya SMA, boro-boro pakai sunscreen, membersihkan wajah dua kali sehari aja masih jarang buat saya lakukan. Walau awalnya sembrono dalam hal merawat kulit wajah, hal itu berubah kok pas saya mulai masuk kuliah. Saya jadi lebih peduli untuk merawat wajah dan mulai menggunakan skincare yang super basic, yaitu pembersih wajah dan pelembap saja. Pada waktu itu, kedua produk ini sih cukup untuk memenuhi kebutuhan kulit saya yang memang nggak terlalu rewel.

 

Tapi, ritual yang super simple itu pun nggak bertahan lama. Kenapa? Karena semakin bertambah usia, ternyata permasalahan kulit juga makin beragam dan saya akhirnya jadi sadar kalau kulit itu butuh perawatan ekstra kalau kita memang ingin mendapatkan hasil yang maksimal. That’s why akhirnya saya mulai sedikit demi sedikit menambah produk perawatan wajah. Karena dulu belum jamannya melakukan 7 step skincare ala Korea, maka saya sih mengawalinya cukup dengan 4 step saja. Mulai dari pembersih, toner, pelembap dan exfoliating pakai facial scrub—dulu belum jamannya pakai acid. Bahkan simple step seperti ini pun masih sering saya lakukan, karena jujurnya saya adalah salah satu orang yang nggak cocok melakukan metode layering yang terlalu banyak. Ujung-ujungnya malah jadi jerawatan!

 

Baca juga: Brand History: Ristra

 

Dengan melakukan 4 step skincare ini saja menurut saya sudah bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Kalau dulu membersihkan wajah hanya dengan facial foam saja, sekarang saya melakukan double cleansing. Hal ini penting untuk dilakukan, karena selain aktivitas kita juga semakin padat, agresi eksternal tentunya semakin mengancam kesehatan kulit kita. Bayangin aja paparan debu, radikal bebas, dan polusi yang menempel kalau tidak dibersihkan secara baik pastinya akan memicu timbulnya beragam masalah kulit, mulai dari komedo, jerawat hingga kerutan halus di wajah. Maka dari itu membersihkan wajah menggunakan cleansing milk yang dilanjutkan dengan facial wash jadi ritual penting untuk dilakukan setiap hari. Baru setelahnya dilanjutkan dengan aplikasi toner untuk mempersiapkan kulit menyerap skincare berikutnya, yaitu pelembap.

Skicare Playdate Bareng Ristra -2

Kalau kamu baru mau memulai ritual perawatan dengan multiple step seperti ini, Ristra Cosmetodermatology merekomendasikan untuk melakukan metode skincare  bernama 4-Steps. Terdiri dari double cleansing menggunakan Ristra Extremely Gentle Cleansing Milk dan Med Soap with pH-Balanced, dilanjutkan dengan toner (Ristra Toning Lotion), exfoliator (Ristra Scrub Cream), lalu terakhir adalah pelembap (Moisturizing Cream) yang sesuai dengan iklim tropis Indonesia.

 

Baca juga: Memilih Makeup dan Skincare yang Cocok dengan Iklim Tropis

 

Seperti yang pernah dijelaskan oleh Amal Hayati (Deszell) dalam talkshow Healthy Tropical Skin 101 yang sempat dilakukan Ristra Cosmetodermatology bersama dengan Female Daily beberapa waktu lalu di Community Center-nya FD, buat perempuan yang tinggal di negara tropis memang kita nggak bisa sembarangan buat ikutin tren skincare yang ada. Apalagi kalau yang jadi pedoman adalah metode skincare dari negara yang punya 4 musim. Bisa jadi kulit kamu malah jadi makin bermasalah.

Nah, besok Female Daily bareng sama Ristra Cosmetodermatology akan kembali mengadakan Office to Office khusus untuk karyawati Botani Square Bogor. Di acara ini juga akan ada beauty talkshow bareng sama Amal dan makeup class bersama FD Babes kita, Shella Sanjaya atau yang lebih dikenal dengan Ochell. Event seru ini pastinya bakal bahas lebih mendalam soal langkah-langkah penting perawatan wajah, dan tentunya manfaat yang bisa kamu dapatkan dari menggunakan produk Ristra Cosmetodermatology 4 Steps.

 

Baca juga: Belajar Skincare dan Makeup Bersama Ristra

 

Penasaran nggak sih dengan ilmu-ilmu seru yang bisa didapatkan dari acara Office to Office ini? Cek terus Instagram FD besok, ya! Nah, kalau kamu juga pengen kantor kamu didatengin oleh tim FD, langsung aja kirim e-mail ke event@femaledaily.com.