banner-detik

skin care

4 Kebiasaan Baik untuk Mencegah Masalah Kulit

seo-img-article

Daripada susah-susah ke dokter atau membeli skincare yang mahal, kenapa nggak menerapkan empat kebiasaan ini dulu?

Good skin starts with good habits! Selain nasihat klasik seperti menggunakan sunscreen setiap hari, rajin double cleansing, mengganti sarung bantal dan jangan memencet jerawat, inilah empat kebiasaan sehari-hari yang bisa kamu lakukan untuk mencegah masalah kulit di wajah:

 

FD Little Notes Skincare untuk Usia 30 Tahun-2

1. Berhenti menyentuh kulit

Coba deh hitung-hitung, dalam satu jam ini, tanganmu sudah menyentuh berapa banyak barang? Setiap kali menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, sama saja dengan menyalurkan kotoran, bakteri, dan minyak ke kulit wajah. Nggak hanya menyebabkan jerawat atau kulit yang gampang iritasi, menurut Dr. Joshua Zeichner, dokter kulit dari Mount Sinai Hospital, kebiasaan menyentuh kulit juga dapat merusak kolagen serta mempercepat terjadinya kerutan di wajah. Jadi, mulailah tinggalkan kebiasaan bertopang dagu, mengucek mata atau menggosok hidung saat bosan!

cleansing oil-4

2. Membersihkan wajah di luar shower

Kalau kamu hobi mandi dengan air dingin, hal ini mungkin nggak terlalu bermasalah. But for everyone else, suhu air shower untuk mandi yang biasanya disesuaikan dengan tubuh bisa terlalu panas untuk kulit wajah, dan dapat menghilangkan minyak alami di kulit dan mengganggu moisture barrier. The result? Kulit jadi gampang mengalami reaksi negatif seperti iritasi, dehidrasi dan breakouts. Karena itu, disarankan untuk membersihkan wajah atau melakukan double cleansing di wastafel saja, dimana kita bisa mengukur suhu air dengan lebih tepat.

3. Selalu lakukan patch test

Ini nih, step yang nggak boleh di-skip sama sekali saat mencoba skincare baru. Melakukan patch testing dapat menghindari kulit dari berbagai macam reaksi buruk yang bisa terjadi. Apalagi untuk kulit yang lebih sensitif atau acne-prone, step ini seharusnya sudah menjadi ritual yang “mendarah-daging”. Lebih baik mencegah daripada mengobati, kan? 

 

 

 

Baca juga: Cara Melakukan Patch Test yang Tepat

 

cosmetics-353526_1280

4. Konsisten dengan skincare

Entah gara-gara sering tergoda dengan produk baru, atau ingin hasil yang lebih instan, terus menerus gonta-ganti skincare is a big no-no. Banyak orang yang harus melalui proses trial and error sebelum akhirnya menemukan produk yang cocok dan benar-benar bekerja dengan baik di kulit. Nah, kalau sudah menemukan produk dan skincare routine yang sesuai, stick to it. Kebanyakan produk setidaknya butuh penggunaan rutin selama kurang lebih sebulan sebelum hasilnya bisa terlihat. So just be patient, and always listen to your skin!

Selain itu, of course mempunyai gaya hidup yang sehat dan stress-free juga membantu dalam mencegah munculnya masalah kulit. It’s all about taking care of yourself, both inside and out.

Kalau kamu, tahu nggak kebiasaan-kebiasaan lain yang dapat menjaga kulit supaya bebas dari masalah?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment