banner-detik

acne blemishes

3 Cara Mengatasi Jerawat di Telinga

seo-img-article

Jerawat bisa muncul kapan saja dan di mana saja, nggak terkecuali di sekitar telinga!

Jerawat yang muncul di telinga bisa dipicu oleh berbagai faktor. Mulai dari stres, produk perawatan rambut yang nggak cocok, atau sesederhana menggunakan earphones yang jarang dibersihkan. Sama seperti kulit yang ada di bagian tubuh lainnya, kulit di daerah telinga juga dipenuhi kelenjar minyak yang dapat tersumbat dengan mudah oleh bakteri. Jadi, nggak heran kalau telinga pun nggak bisa lepas dari yang namanya jerawat!

Cara Mengatasi Jerawat Telinga 2Foto: Getty Images

Baca juga: 3 Penyebab Jerawat Nggak Kunjung Sembuh

 

Walaupun jenis jerawat ini lebih “tersembunyi”, it can still be a pain in the ears, apalagi kalau yang berbentuk seperti cystic acne dan nyut-nyutan saat disentuh. Supaya nggak bingung lagi, simak 3 cara mengatasi jerawat di telinga yang bisa kamu lakukan:

1. Jaga kebersihan telinga

Yup, cara paling gampang untuk mencegah jerawat adalah dengan menjaga kulit selalu bersih, supaya nggak dijadikan breeding ground untuk jerawat. Bukan berarti harus double cleansing setiap jam sekali ya! Menurut Dr. Dendy Engelman, MD, cara menghindari jerawat muncul adalah dengan membersihkan telinga menggunakan kapas dan sedikit alkohol atau witch hazel. Hindari memencet jerawat di bagian telinga, karena area ini lumayan sensitif, dan gampang mengalami iritasi atau infeksi.

2. Gunakan spot treatment

Cara menangani jerawat yang muncul di telinga sebenarnya nggak begitu berbeda dengan cara mengobati jerawat di bagian kulit yang lain. Selain “dikacangin” a.k.a dibiarkan pulih secara natural, skincare dengan salicylic acid, benzoyl peroxide atau tea tree oil juga dapat membantu mengatasi jerawat di sekitar telinga. Tapi, as always, keep everything in moderation, dan jangan memakai obat jerawat terlalu sering atau dipakai di dalam lubang telinga ya!

 

Baca juga: Jenis-Jenis Obat Jerawat yang Kamu Wajib Tahu

3. Kunjungi dokter kulit

Kalau jerawat yang muncul di telinga terlalu dalam untuk dipakai OTC treatment, terasa semakin sakit atau meradang, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang pas. Biasanya, dokter akan memberikan resep oral atau krim topikal, melakukan ekstraksi jerawat (ala Dr. Pimple Popper!) atau merekomendasikan cortisone shot, tergantung seberapa parah jerawat yang dialami.

Kalau kamu, tahu nggak cara lain untuk mengatasi jerawat yang muncul di telinga? Share di kolom komen ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment