Fungsi Purple Shampoo atau Shampo Ungu

Suka mewarnai rambut pirang atau abu-abu, kamu wajib punya purple shampoo di rumah. 

Berdasarkan pengalaman sering gonta-ganti warna rambut, punya rambut blonde dan abu-abu itu yang paling susah dijaganya. Susahnya bukan warna yang cepat pudar dan butuh di touch up sering-sering, tapi menjaga gimana caranya supaya warna rambut blonde ini nggak terlihat kuning ke cokelatan yang kadang bisa terlihat seperti rambut rusak. Nah, untuk menghindari rambut blonde ini terlihat kusam kita butuh menggunakan satu shampo khusus yang disebut purple shampoo.

Kalau dulu mau punya purple shampoo itu susah banget di Indonesia, sekarang jadi lebih mudah karena sudah banyak online shop yang mengimport berbagai purple shampoo dari brand luar. Harganya juga beragam, ada yang mahal seperti Fanola No Yellow Shampoo dan Pravana Perfect Blonde Shampoo, dan yang harganya terjangkau seperti Lush Daddy-O dan Pro-voke Touch of Silver.

Fungsi Purple Shampoo atau Shampo Ungu

Kenapa harus purple shampoo? Karena seperti yang saya sebut di atas, kalau rambut blonde itu rentan banget terlihat kusam dan juga kuning. Hal-hal yang menyebabkan rambut blonde menjadi kusam itu banyak banget, seperti terkena sinar matahari, menggunakan catokan, dan air yang digunakan untuk keramas. Nah, pada purple shampoo ini terdapat pigment ungu yang berfungsi untuk mengoreksi warna kuning tersebut, sehingga setelah digunakan dua kali warna rambut akan kembali fresh dan glossy.

Tapi bukan berarti ini menjadi shampo regular kamu setiap harinya, karena normalnya purple shampoo itu hanya dipakai dua hingga tiga sekali dalam seminggu, dan sebaiknya diselingkan dengan shampo biasa. Lalu Kenapa harus menggunakan warna pigment ungu? Sama seperti konsep color correcting concealer, warna ungu itu bertugas untuk mengoreksi warna kuning, karena kalau dilihat pada color wheel chart, warna ungu itu berseberangan dengan warna kuning, artinya kalau kita menggunakan purple shampoo, pigment ungu yang terdapat dalam shampo ini akan menghilangkan warna kuning tadi.

Purple Shampoo

Before – After

Kebetulan Carol, Event Staff Female Daily, punya rambut blonde yang sudah agak kekuningan dan kebetulan saya juga punya shampo ungu dari Lush Daddy-O. Berikut contoh hasil rambut blonde yang sudah menggunakan shampoo ungu.

Di mana bisa membeli shampo ungu ini? Bisa langsung cari saja di Instagram atau di e-commerce!

Selamat mencoba!