banner-detik

diy

3 DIY Skincare Menggunakan Kopi

seo-img-article

Selain body scrub, kopi yang memiliki segudang manfaat untuk kulit juga dapat digunakan untuk beragam treatment kecantikan. Yuk, simak DIY skincare menggunakan kopi berikut!

DIY Skincare Kopi

1. Under-eye Mask

There’s nothing that wakes you up more than coffee, am I right? Selain menghilangkan rasa ngantuk, kandungan kafein dan sifat anti-inflamasi pada kopi juga dapat mengurangi kantung mata yang bengkak dan gelap. Tinggal sisihkan ampas dari kopi yang telah diminum, dan masukkan ke dalam lemari es untuk mendapatkan efek cooling. Setelah menjadi dingin, oleskan ampas kopi ke area mata dan diamkan selama 10-15 menit sebelum dibilas. Atau, kalau kamu malas berantakan, ampas kopi itu bisa dibungkus pakai kain kasa sebelum dikompreskan pada area sekitar matamu. Walaupun dark circles-nya nggak 100% hilang, at least masih lumayan membantu mencerahkan dan menyegarkan daerah mata yang capek!

Baca juga: Rekomendasi Concealer Untuk Kantung Mata Gelap

 

2. Face Mask

Buat kamu yang suka membuat DIY face mask sendiri di rumah, kopi juga dapat digunakan sebagai brightening face mask yang murah meriah. Untuk DIY skincare menggunakan kopi yang satu ini, tinggal campurkan satu sendok teh ampas kopi dengan dua tetes facial oil favoritmu. Beberapa face oil favorit saya untuk resep ini adalah rosehip oil, grapeseed oil dan jojoba oil. Oleskan langsung ke wajah yang masih sedikit basah, dan tinggalkan selama 10-15 menit sebelum dibilas. Selain mencerahkan kulit, kafein dalam kopi juga dapat mengatasi kemerahan dan melawan radikal bebas yang dapat mengakibatkan penuaan dini.

Baca juga: 5 Rekomendasi Face Oil untuk Kulit Berminyak Berjerawat

 

3. Scrub Bibir

Tekstur kopi yang kasar memang nggak direkomendasikan untuk eksfoliasi wajah, tapi bisa digunakan untuk mengatasi bibir yang kering dan gelap gara-gara terlalu sering menggunakan matte lipstick (I’m guilty too!). Caranya gampang banget, dan yang diperlukan hanya sedikit bubuk kopi dan raw honey yang telah dicampur sampai teksturnya mengental. Setelah diusap-usap di bibir dengan gerakan melingkar, biasanya saya biarkan scrub-nya menempel beberapa menit sebelum dibilas dengan air hangat. Hasilnya? Bibir terlihat lebih plump, cerah dan terhidrasi. Menurut saya lebih worth it daripada membeli lip scrub puluhan sampai ratusan ribu

Kalau kamu sudah pernah mencoba salah satu skincare hack dengan kopi ini belum? Atau tahu DIY lain yang patut dicoba oleh tim FD?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment