banner-detik

sponsored post

#CantikSatukanKita, Rayakan Keunikan & Keragaman Perempuan Indonesia

affi

affi/ 0

seo-img-article

Dove membuat gerakan baru bernama #CantikSatukanKita yang bertujuan untuk merayakan keragaman perempuan Indonesia dan menciptakan ranah digital yang lebih positif dan ramah untuk perempuan. Apa alasan di balik terciptanya gerakan ini?

“Cantik ya dia?” kata teman saya suatu hari saat sedang scrolling Instagram dan menemukan sebuah foto dari seorang beauty influencer Indonesia.

“Cantiknya Indonesia banget.”

Statement itu bikin saya berpikir. Seperti apa sih definisi kecantikan Indonesia? Mungkin kalau dibandingkan dengan tahun 90-an di mana perempuan yang dianggap cantik adalah yang memiliki fitur Barat; kulit terang, hidung mancung, rambut coklat wavy, tinggi, langsing; standar kecantikan di Indonesia sekarang ini sudah mulai bergeser dan mendekati penampilan fisik perempuan Indonesia sebenarnya. Tapi kalau diperhatikan, tetap sih profil yang dianggap cantik masih satu rupa yaitu perempuan berparas “ayu” dan tirus khas orang Jawa, rambut hitam legam dan lurus, serta badan yang ramping. There is no doubt, perempuan seperti ini, memang cantik. Tapi dengan beragamnya suku di negara ini, sepertinya udah waktunya kita punya lebih banyak versi cantik perempuan Indonesia. Ya nggak sih?

Di tahun 2017, Dove mengadakan sebuah survei Indonesian Beauty Confidence Report yang hasilnya menarik banget. Dari 306 partisipan, 92% perempuan Indonesia setuju bahwa setiap perempuan memiliki kecantikan dalam versi mereka sendiri, dan 86% dari mereka juga setuju bahwa perempuan dapat tampil cantik di usia berapapun. Tapi, 84% dari perempuan Indonesia Indonesia tetap mengaku tidak tahu betapa cantiknya diri mereka sebenarnya, dan 72% dari perempuan Indonesia masih mempercayai bahwa untuk mencapai kesuksesan dalam hidup, perempuan harus memenuhi standar kecantikan tertentu.

Saya excited sekali ketika mendengan bahwa Dove punya gerakan baru yang dinamakan #CantikSatukanKita yang punya misi bagus banget: merayakan keberagaman kecantikan perempuan Indonesia dan menjadikan hal ini sesuatu yang menyatukan kita, bukan malah menjadi pemecah.

Dove_Cantik_Satukan_Kita

Inisiatif ini datang di saat yang tepat, di saat makin pesatnya pertumbuhan pengguna media sosial di Indonesia, datang sebuah masalah yang menghantui para pengguna perempuan, yaitu body shaming atau komentar negatif seputar fisik. Mulai dari selebriti, influencer sampai netizen biasa, banyak yang pernah mengalami ejekan dan cercaan soal kondisi fisik mereka, yang tentunya berpengaruh negatif ke rasa percaya diri. Sebanyak 58% perempuan Indonesia yang ikut serta dalam survei Dove mengatakan bahwa mereka masih merasa bahwa mereka hanya dinilai berdasarkan penampilan semata.

Isn’t this sad? Kita semua tau bahwa perempuan punya banyak kemampuan dan kekuatan untuk melakukan banyak hal positif di dunia ini, tapi gimana kita mau mewujudkan potensi maksimal kita kalau selalu dihantui oleh rasa tidak percaya diri seputar penampilan dengan adanya standar kecantikan yang tidak realistis?

Jadi, yuk, kita mulai ciptakan ranah digital yang lebih positif, ramah dan inklusif untuk semua perempuan Indonesia! Kalau kamu mau mendukung gerakan ini, kamu juga bisa melakukan sesuatu loh! Cukup upload aja foto kamu dan temanmu dan ceritakan kelebihan dan keunikan temanmu itu. Jangan lupa tag account @Dove di fotomu dan gunakan hashtag #CantikSatukanKita dan #dove_idn. Kalau kamu terpilih sebagai pemenang, kamu akan diajak untuk pemotretan bareng fotografer terkenal Diera Bachir, untuk exhibition Diera x Dove dan juga ikutan gathering bareng para influencer Dove.

Say something positive about other women and make someone’s day!



Slow Down

Please wait a moment to post another comment