banner-detik

foundation

4 Tips untuk Tampil Foundation-Free

seo-img-article

Gerakan “Foundation-Free” mengajak perempuan untuk tampil percaya diri dengan kulit natural. Berani coba nggak?

Here’s my confession: I love full-coverage foundation, but we had a toxic relationship. Saking cintanya waktu remaja dulu, setiap kali saya breakout, bukannya mencari obat jerawat atau fokus sama skincare, saya malah pergi hunting foundation baru yang coverage-nya lebih tinggi. It was so bad, sampai saya nggak berani keluar rumah (bahkan hanya untuk beli roti di supermarket pun) tanpa memakai setidaknya satu lapis foundation.

Kesalahan-membersihkan-wajah

Baca juga: Perlukah Pakai Foundation Setiap Hari?

Bahkan sekarang, bertahun-tahun kemudian, it’s still a work in progress for me. Inilah alasan kenapa saya sangat supportive dengan movement “Foundation-Free” yang mengajak kita untuk mencintai kulit apa adanya. Memang lepas dari foundation itu bukan hal yang gampang untuk banyak orang, jadi semoga empat tips berikut bisa membantu dalam proses ini:

1. Start slow

Changes don’t happen overnight, apalagi kalau kamu sudah terbiasa memakai full-makeup setiap hari. Waktu saya berniat untuk take a break dari foundation, saya pelan-pelan mulai dulu dengan menggunakan hanya tinted moisturizer di wajah, atau gunakan foundation/ concealer hanya di daerah-daerah wajah yang bermasalah. Cobalah terbiasa dengan look yang lebih natural, supaya lebih gampang “transisi” ke no-foundation look!

2. Fokus ke eye makeup dan warna lipstick

Walaupun wajah bebas foundation, nggak berarti kamu nggak bisa tampil maksimal hanya dengan eye makeup dan lipstick! Saya pribadi suka memakai lipstick yang warnanya lebih terang untuk memberikan kesan wajah yang lebih cerah. Bahkan hal-hal kecil seperti menjepit bulu mata atau mengaplikasi sedikit maskara sudah membantu banget supaya wajah terlihat lebih fresh dan nggak kusam.

3. Pede-pede aja!

“Eh, itu jerawat kok besar banget? Pakai obat jerawat dong!” “Lagi sakit? Kok mukanya merah-merah gitu ya?” Entah dari total strangers atau keluarga dekat, komentar-komentar ngeselin seperti ini adalah sesuatu yang nggak bisa dihindari saat semua kekurangan di wajah, besar atau kecil, nggak ditutupi foundation dan concealer.

Of course, tersinggung dan emosi adalah reaksi yang wajar. Tapi, lama-lama, dalam proses ini saya juga belajar cara membangun percaya diri kembali, supaya bisa lebih pede dan nggak gampang “terganggu” omongan orang. Toh, stress juga menjadi salah satu penyebab jerawat nggak kunjung hilang lho, kalau dipikirin terus komentar-komentar orang lain, kapan masalah kulit bisa sembuh? 

Baca juga: Punya Teman yang Jerawatan? Jangan Tanya Hal Ini

4. Do it at your own terms

In the end, tujuan gerakan foundation-free ini bukanlah untuk “memusuhi” foundation, melainkan mengganti mindset dan ketergantungan kita yang negatif dengan foundation. Jadi, kamu nggak harus quit foundation selama-lamanya kok, you can just do it at your own time and terms. Saya sendiri sudah on/off memakai foundation selama 4 tahun, dan paling lama beratahan nggak pakai berturut-turut adalah 2 minggu lebih. Memang nggak bisa dibanding dengan Liah Yoo atau Michelle Phan yang sudah berbulan-bulan atau bertahun-tahun nggak pakai foundation sama sekali ya, but hey, baby steps! At least sekarang saya nggak takut lagi keluar rumah untuk beli roti tanpa menggunakan foundation 

Tips Tampil Foundation Free 1Kalau kamu, sudah pernah mencoba go foundation free belum? Atau baru ingin mencoba? Share your story in the comments below!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment