banner-detik

technology

Sudah Minum Kopi Tapi Masih Ngantuk?

affi

affi/ 0

seo-img-article

Pernah nggak ngalamin udah minum kopi bercangkir-cangkir tapi masih ngantuk juga? Sekelompok ilmuwan dari US Army menemukan cara untuk minum kopi yang tepat supaya kita segar bugar seperti sudah tidur 8 jam sehari!

Nggak usah jauh-jauh, saat bikin artikel ini, saya nggak berhenti menguap, padahal tadi pagi udah minum satu cangkir kopi dan disusul dengan secangkir berikutnya jam 2 siang. Padahal saya sukanya minum kopi hitam yang nggak dicampur susu atau gula, tapi nggak ngaruh tuh!

Bisa jadi saya dan kamu juga, lagi mengalami yang namanya sleep debt. Ternyata, kalau kita kurang tidur, apalagi sampai berhari-hari, tubuh kita seperti menyimpan “hutang tidur” yang tidak akan terbayarkan sampai kita benar-benar mendapatkan istirahat yang cukup. Efek dari hutang tidur ini ya tentunya rasa mengantuk, grumpy, lemas yang tentunya berpengaruh ke performa kita melakukan pekerjaan dan kegiatan sehari-hari.

Baca juga: Coffeemezation, Cara Bikin Resep Kopi Sendiri di Starbucks!

Minum Kopi Bisa Bantu Atasi Jerawat?

Tapi ternyata minum kopi bukannya tidak bisa membantu sama sekali loh, tapi ada trik gimana caranya kafein yang kita konsumsi beneran bisa bikin kita stay alert dan bisa menjalani kegiatan tanpa menguap setiap lima menit. Formula untuk mengoptimalkan asupan kafein ini ditemukan oleh sekelompok ilmuwan dari US Army Medical Research Materiel Command (USAMRMC) yang penemuannya baru-baru ini dituangkan ke sebuah jurnal ilmiah berjudul Sleep. Yup, kalau kita “rakyat biasa” ini aja terpengaruh banget dengan kondisi kurang tidur, apalagi yang kerja di militer? Kebayang nggak kayak apa rasanya harus ada di medan perang yang tentunya membutuhkan fokus dan kesigapan, sementara sudah nggak tidur berhari-hari? Makanya katanya minuman berkafein, seperti kopi dan energy drink udah jadi santapan sehari-hari para US Army.

Baca juga: 5 Cara Ampuh untuk Memperbaiki Pola Tidur

Nah para ilmuwan ini melakukan riset selama sepuluh tahun yang hasilnya adalah sebuah algoritma yang nantinya bisa memberi kita formula, gimana caranya tetap bisa alert dan fokus seperti kita sudah tidur selama delapan jam, tanpa harus menambahkan asupan kafein ke badan kita. Algoritma, yang nantinya akan digunakan untuk mobile application dan akan dirilis ke publik ini, akan menganalisa reaksi badan kita terhadap kondisi kurang tidur dan akan merekomendasikan, bukan hanya berapa cangkir kopi yang harus kita minum, tapi kapan kita sebaiknya minum kopi tersebut supaya kita tetap terjaga sepanjang hari seperti layaknya kalau sudah cukup tidur.

bubuk-kopi

Contohnya, kalau kamu hanya tidur lima jam, kamu butuh dua cangkir kopi yang weak dan diminum langsung saat kamu baru bangun tidur diikuti oleh dua cangkir lagi empat jam kemudian. Kamu akan kerja shift malam atau harus ngerjain tugas semalaman? Algoritma ini menyarankan kamu untuk minum dua cangkir kopi yang tidak terlalu keras di awal shift kamu.

FYI yang dimaksud dengan weak coffee di sini adalah kopi yang kadar kafeinnya nggak lebih dari 100 mg per cangkir. Biasanya sih satu cup espresso itu mengandung 70 mg kafein.

Nah aplikasinya sendiri masih tahap development dan katanya baru bisa dirilis ke publik akhir tahun 2018 ini.

In the meantime, I will go and make myself my third cup of coffee of the day. 

Source: Inc.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment