banner-detik

haircare

Alasan untuk Nggak Bleaching Rambut di Rumah

seo-img-article

Dengan alasan lebih murah, banyak orang lebih memilih melakukan bleaching rambut di rumah. Sayangnya bleaching rambut nggak sesimpel itu. Salah cara pakai bisa-bisa rambut jadi rontok.

Sure, the idea of DIY bleaching rambut di rumah itu menggiurkan karena harga yang jauh lebih murah ketimbang dilakukan di salon. Paling kalau mau bleaching rambut di rumah dana yang dikeluarkan maksimal Rp300.000,- sebagai starter kit-nya. Produk yang perlu dibeli pun hanya dua, yaitu  bleaching powder dan developer.

Tapi dari pengalaman saya yang sering melakukan bleaching dan colouring sendiri di rumah, percayalah bleaching di rumah cost-nya bisa jadi lebih besar atau kadang setara dengan melakukannya di salon. Hasilnya? Belum tentu memuaskan atau bahkan rambut malah jadi hancur parah karena nggak memahami teknik bleaching yang benar.

Baca Juga: 4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mewarnai Rambut

Alasan untuk Nggak Bleach Rambut di Rumah-2

Image Source: Perfectly Sonder Youtube Channel

Bleaching is a complicated thing!

Mungkin secara teori bleaching itu kesannya gampang, karena hanya perlu mixing bleaching powder dengan developer saja. Apllikasinya pun seperti nggak ada bedanya dengan cat rambut dan langsung diaplikasikan pada rambut. Pada kenyataannya, bleaching rambut nggak semudah menggunakan pewarna rambut box di rumah. Bleaching membutuhkan skill khusus supaya hasilnya bagus dan rambut nggak rusak parah. Ketika kita melakukan proses bleaching, yang harus dilakukan adalah re-check setiap bagian rambut supaya yakin hasilnya merata dan nggak ada bagian rambut yang kena bleach lebih tebal atau tipis. Kalau sudah salah pada proses bleaching nantinya akan lebih sulit untuk dikoreksi.

One size doen’t fit all! Kadang untuk beberapa kasus rambut membutuhkan formula yang berbeda supaya mendapatkan hasil yang sama. Misalnya untuk area akar rambut, perlu menggunakan developer volume 30 dan pada batang volume 40. Jadi nggak sesimpel itu untuk bleaching rambut karena ada takaran-takaran sendiri.

Time consuming

Bleaching rambut hitam alami membutuhkan waktu kurang lebih enam jam untuk menaikan warnanya. Biasnaya enam jam proses itu baru bleaching dua kali saja dan warna yang didapatkan pun kadang belum sempurna-sempurna banget. Kalau melakukan sendiri di rumah, tentunya kita akan kelelahan dan jadinya nggak konsen yang berujung jadi asal saat melakukan tahap koreksi warna.

There’s also toning

Rambut kita, khususnya Asia itu memiliki tone merah yang kuat banget. Jadi biasanya satu kali bleaching saja nggak cukup untuk mendapatkan perfect golden blonde hair. Kalau sekali bleach saja, rambut akan naik lima tingkat lebih tinggi tapi warna yang didapatkan adalah oranye atau lebih sering disebut brassy. Nah, untuk menghilangkan warna oranye ini perlu dilakukan yang namanya toning. Sama seperti bleaching toning pun, ada takaran pemakaian yang benar, kalau didiamkan terlalu lama nanti rambut bisa berubah menjadi warna ungu.

Jadi, masih kepikiran mau bleaching rambut sendiri di rumah? Rasanya nggak ya. Dibanding rambut patah-patah seperti foto di atas, mending mengeluarkan uang lebih untuk ke salon, let the professional handle it.

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment