banner-detik

dark spots brightening

Bekas Jerawat Susah Hilang? Stop Lakukan 3 Hal Ini!

seo-img-article

Munculnya jerawat memang menyebalkan, apalagi jika jerawat meninggalkan bekas yang membandel di wajah! 

Setelah jerawat sudah hilang, bukan berarti masalah sudah selesai. It’s a whole new battle for us acne-fighters, karena masih ada bekas jerawat yang nongol di wajah. Noda-noda cokelat atau hitam yang mengganggu penampilan ini juga sering dipanggil PIH (Post Inflammatory Hyperpigmentation). Walaupun sudah rajin memakai serum Vitamin C atau eksfoliasi dengan AHA/BHA, bekas jerawat mungkin nggak kunjung hilang karena kebiasaan buruk berikut:

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat article

1. Nggak Reapply Sunscreen

Kalau kamu rutin menggunakan produk eksfoliasi seperti AHA/BHA, atau melakukan treatment peeling untuk bekas jerawat, kulit akan menjadi lebih sensitif terhadap sinar UV yang dapat membuat PIH menggelap. Karena itu, nggak cukup hanya mengaplikasi sunscreen pada pagi hari, kamu juga harus reapply ulang sepanjang hari. Apalagi buat kamu yang aktivitasnya diluar ruangan dan terus menerus terkena sinar matahari, disarankan untuk reapply setiap dua atau tiga jam.

Baca juga: Tips Touch Up Makeup & Sunscreen di Siang Hari

2. Over-Exfoliating atau Over-Cleansing

Salah satu tips paling ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat adalah rajin eksfoliasi, tapi jangan sampai melakukannya terlalu sering karena kulit bisa over-exfoliated. Sama halnya dengan over-cleansing atau membersihkan kulit terlalu sering, kedua kebiasaan buruk ini dapat merusak moisture barrier yang menjaga kesehatan kulit. Ketika moisture barrier terganggu, kulit nggak hanya menjadi lebih sensitif, tapi juga menjadi rentan mengalami jerawat dan hiperpigmentasi, so the cycle starts all over again! 

3. Menggunakan Foundation yang Salah

Kalau sedang berjerawat, hal reflex yang akan dilakukan banyak orang adalah menyembunyikannya dibawah berlapis-lapis makeup. Tapi, nggak boleh asal pakai foundation atau concealer lho, karena ada banyak base makeup yang dapat mengiritasi kulit acne-prone, sehingga menambah kemungkinan jerawat meninggalkan bekas membandel sesudah sembuh.

I know it’s not easy untuk menjauhkan diri dari foundation atau concealer saat berurusan dengan jerawat. Karena itu, salah satu cara untuk mengakalinya adalah dengan menggunakan pimple patches untuk melindungi kulit dari bakteri dan ingredients makeup yang mungkin dapat memperparah jerawat. Selain itu, coba gunakan foundation yang lebih ringan, atau yang dibuat khusus untuk kulit acne-prone. Kalau ada SPF-nya, it’s a plus too! 

Baca juga: 5 Foundation Bagus untuk Kulit Berjerawat & Sensitif

Kalau kamu, ada tips lain supaya bekas jerawat cepat menghilang nggak?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment