banner-detik

acne blemishes

#FreeThePimple, Kampanye Jerawat di Sosial Media

seo-img-article

Sosial media nggak lagi jadi tempat untuk unjuk keahlian makeup, tapi sekarang ada gerakan #FreeThePimple yang bisa membantu kita untuk lebih PD!

Masih ingat dengan campaign Female Daily #YourBeautyRules? Kampanye ini kami adakan menjelang Jakarta X Beauty 2018 lalu. Inti dari kampanye ini adalah ingin mengajak perempuan untuk nggak lagi masuk kedalam stereotip beauty yang biasanya. Kami mengajak perempuan untuk berani tampil apa adanya dan percaya diri. Untuk kampanye ini sendiri, kami mengangkat isu tentang body shaming; mengenai jerawat, bentuk tubuh yang besar atau kurus dan juga mengenai warna kulit.

Sebenarnya, sebelum dibuatnya kampanye #YourBeautyRules, FD sudah lama banget mengajak pembaca untuk nggak lagi mikir kalau kulit putih, rambut panjang, kulit wajah mulus adalah cantik. Kami selalu mencoba meningkatkan awareness kalau semua warna kulit, kondisi kulit dan tubuh setiap perempuan itu cantik dan sama rata. Makanya saya seneng banget waktu masuk tahun 2018 beauty in diversity mulai ramai dibicarakan, salah satunya dengan kehadiran 40 warna foundation dari Fenty Beauty.

#FreeThePimple, Kampanye Jerawat di Sosial Media

Image Source: instagram.com/lounorthcote

Nah, selain mulai ramai soal warna foundation yang makin inclusive, salah satu topik yang ikut ramai dibicarakan adalah embracing you flaws. Minggu ini ada satu gerakan empowerment yang disebut #FreeThePimple yang mulai dibicarakan di beberapa website beauty seperti Teen Vogue, Glamour, dan Cosmopolitan . Sesuai namanya, gerakan ini mengajak perempuan untuk mengambil break sebentar dari rangkaian perawatan untuk menghilangkan jerawat dan berani untuk tampil apa adanya tanpa menggunakan makeup sedikit pun.

Tujuannya bukan hanya supaya kita lebih PD tampil bare face, tapi Luise Northcote, perempuan di balik #FreeThePimple, ingin menjadikan ini sebuah platform di sosial media, di mana orang-orang bisa sharing pengalamannya dalam mengatasi jerawat. Lebih dari itu, Luise juga ingin orang-orang sadar kalau jerawat bukan hal  yang harus dicemooh.

Gerakan ini pun diterima banyak orang dan kalau kamu buka hashtag #FreeThePimple di Instagram, bisa dilihat banyak banget perempuan dan laki-laki yang ikutan sharing perjalanannya dalam mengatasi jerawat.

“I just want to do something good for a community of people that spend their life in the shadows. To anyone out there suffering, know that it is just skin, it is not your fault, and that you are beautiful.”-Luise Northcote, I-D.vice.com

Bagus ya gerakannya? Dan saya seneng banget ini diadakan di platform Instagram. Jadinya di IG nggak lagi kita hanya bisa melihat orang-orang dengan wajah cantik saja, tapi menjadi platform/komunitas positif untuk memecahkan stereotip mengenai beauty. Tentunya saya tergerak dong dengan kampanye ini, jadi ini lah bare face saya tanpa makeup:
YourBeautyRules
So we dare you FD members to do the same, ambil selfie nggak pakai makeup dan post di IG sharing permasalahan kulit kamu dan ramaikan lagi kampanye #YourBeautyRules!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment