banner-detik

bath n body

Mandi Menggunakan Bath Bomb, Bahaya Untuk Kulit?

seo-img-article

Walaupun unik dan terlihat bagus di Instagram feed, banyak yang parno dengan bath bombs karena dipercaya mengandung ingredients yang dapat mengiritasi kulit. Apakah beneran berbahaya?

Berendam dalam bath bomb yang warna-warni dan wangi merupakan salah satu cara untuk bersantai dan melepaskan stress. Tapi, masih banyak yang takut untuk mencoba bath bombs karena dipercaya nggak bagus untuk kulit. Apalagi setelah membaca cerita viral tentang anak sepuluh tahun yang masuk ke rumah sakit, atau cewek yang kulitnya menjadi biru. Mau nggak mau, jadi takut juga kan?

Bath Bombs 2Image: Beautyandthebrunette.co.uk

Walaupun setiap bath bombs yang ada di pasaran memiliki kandungan yang berbeda-beda, ingredients utama yang ada di setiap bath bombs adalah baking soda dan citric acid. First of all, I know what you must be thinking… bukannya baking soda nggak bagus untuk kulit? Penggunaaan baking soda memang sangat kontroversial dalam skincare, karena pH-nya yang tinggi dan bisa drying. Tapi, seperti yang dijelaskan oleh Michelle dari LabMuffin.com, kandungan citric acid yang acidic dapat menetralisir pH baking soda yang tinggi, sehingga final pH sebuah bath bomb biasanya lumayan neutral

Baca juga: Bahan DIY Skincare yang Sebaiknya Dihindari

Nah, kalau untuk kandungan pewarna yang menjadi isu banyak orang, sebenarnya ingredient yang satu ini sudah highly regulated oleh banyak pemerintah di seluruh dunia (contoh: FDA di US), jadi brands besar seperti Lush nggak bisa sembarangan memilih artificial colouring yang beracun atau potentially toxic di kulit. Saya mau highlight “brands besar” ya, soalnya masih ada banyak bath bombs keluaran merek nggak jelas yang mempunyai ingredients list yang juga sama nggak jelas-nya. So if you do see them, stay away!

Bath Bombs 4Foto: TheInquisitr

So far, pengalaman saya sendiri dengan bath bombs cukup menyenangkan sih, dan belum pernah bereaksi negatif di kulit. But saying that, saya juga percaya bahwa everything should be done in moderation, dan tentunya, balik lagi ke kulit masing-masing. Kalau kamu memiliki kulit sensitif, and you really, really want to try, jangan lupa untuk cek ingredients list dan pilih bath bombs dari brands yang sudah terpercaya. Ada banyak kok produk seperti Good Common Sense Milk’n Honey atau Beauty By Earth Bath Bombs yang sensitive skin-friendly! In the end, bath bombs pada dasarnya memang nggak ada banyak manfaat untuk kulit layaknya produk skincare, it’s mostly just about the experience, and doing it for the Instagram story! 

Kalau kamu sendiri, sudah pernah coba bath bombs nggak? Gimana pengalamanmu?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment