banner-detik

food nutrition

Manfaat Air Lemon untuk Kulit dan Diet

seo-img-article

Minum secangkir kopi atau teh pada pagi hari sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Tapi, bagaimana jika menggantinya dengan segelas air lemon hangat?

Dari sekian banyak beauty tips yang beredar di internet, minum air lemon adalah salah satu yang paling sering saya dengar. Miranda Kerr, Emily Weiss (founder Glossier), Gwyneth Paltrow dan Jessica Jung adalah beberapa wanita yang swear by tip kecantikan ini. Apakah sesuatu yang sangat simple seperti minum air lemon ada manfaatnya? Well, turns out, it does!

Baca juga: Jus Sayur Pembasmi Masalah Kulit yang Lagi Tren

Manfaat Air Lemon 2

Pertama-tama, mungkin banyak yang sudah tahu ya, bahwa lemon adalah buah sitrus yang kaya akan vitamin C. Beberapa manfaat Vitamin C untuk kulit adalah mendorong produksi kolagen, memperbaiki sel-sel yang rusak, melawan radikal bebas, dan membantu menghilangkan bekas jerawat atau terjadinya hiperpigmentasi. I can vouch for this, soalnya setelah saya coba rutin minum air lemon untuk beberapa bulan, kulit saya memang menjadi lebih cerah dan bekas jerawat lebih cepat menghilang. Walaupun nggak ada perbedaan drastis di kulit, my skin just looks healthier somehow! Cara ini juga lebih aman daripada DIY skincare dengan lemon yang dapat membuat kulit iritasi.

Baca juga: 3 Bahan DIY Skincare yang Harus Dihindari

Selain manfaat untuk kulit, banyak juga yang klaim bahwa air lemon dapat membantu mengurangi berat badan karena berkontribusi dalam proses pembuangan racun dan kalori yang tidak diperlukan dalam tubuh. Sebenarnya hal ini masih diperdebatkan oleh experts, dan tentunya studi lebih lanjut masih dibutuhkan. Tapi, klaim mengurangi berat badan ini nggak totally salah kok, soalnya air lemon masih bisa membantu diet secara tidak langsung. Caranya? Karena lemon mengandung serat pektin yang dapat menjaga perut dari rasa lapar, minum air lemon bisa mengurangi hasrat jajan gorengan di tengah hari. Less jajanan = More weight loss! 

Air lemon juga dapat membantu mengatasi masalah tubuh yang cepat lelah atau capek. Menurut beberapa penelitian, wangi lemon telah terbukti dapat mengurangi tekanan atau stress psikologis dan fisik, serta membantu tubuh merasa lebih berenergi, mencerahkan suasana hati dan menyegarkan pikiran. Ini mungkin salah satu alasan mengapa banyak orang memilih untuk mengonsumsi air lemon first thing di pagi hari.

Jadi, walaupun belum terbukti oleh penelitian ilmiah bahwa lemon bisa membantu menurunkan berat badan secara langsung, air lemon bisa menjadi alternatif yang lebih sehat untuk kamu yang suka dengan minuman seperti soda dan kopi yang biasanya high-sugar atau high-calorie. Plus, it’s also a good way to get our healthy dose of vitamin C untuk menjaga kesehatan kulit dan sistem kekebalan tubuh. Bahkan untuk yang kurang suka dengan air putih seperti saya, menambah sedikit lemon sebagai perasa juga membantu boost water intake yang diperlukan setiap hari. Hati-hati, jangan lebih banyak dari satu-dua gelas sehari, karena asam dari lemon yang berlebih bisa merusak lapisan pelindung/ enamel gigi.

Ada nggak disini yang juga rutin minum air lemon? Will you recommend it? Do share!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment