banner-detik

diy

Air Rendaman Oatmeal untuk Skincare?

seo-img-article

Air rendaman beras sudah sering kita dengar manfaatnya untuk kulit. Tapi air rendaman oatmeal?

Air rendaman oatmeal masuk sebagai DIY skincare andalan Liah Yoo (yang bakal datang ke Jakarta seminggu lagi untuk Jakarta X Beauty 2018!) saat kulitnya lagi sensitif dan iritasi parah. Oatmeal sendiri merupakan bahan natural yang punya fungsi melembapkan, memperbaiki skin barrier dan mengurangi radang pada kulit, jadi nggak heran kalau skincare berbahan dasar oatmeal pasti fokusnya di hydrating / moisturizing. Beberapa juga ada yang hadir dalam bentuk gentle scrub.

Kalau air rendaman oatmeal sendiri, apa fungsinya?

Screen Shot 2018-04-19 at 10.32.57 PM

Screen Shot 2018-04-19 at 10.33.44 PMLiah Yoo

Liah menggunakan kapas lembut yang direndam di dalam air rendaman oatmeal untuk membersihkan wajah. Di kulit sensitif atau yang sedang iritasi, studi sudah membuktikan bahwa air rendaman oatmeal bisa membersihkan wajah yang lebih lembut dibanding menggunakan micellar water atau face wash yang mengandung surfaktan.

Tahu sendiri kan, bahwa kulit kita secara otomatis akan menjadi tambah kering setelah proses cleansing, sementara kulit yang lagi reaktif harus benar-benar dijaga kelembapannya. Plus, fungsi skin-healing dari oatmeal juga semakin mempercepat proses penyembuhan kulit yang kemerahan karena iritasi. Kalau kulit kamu lagi baik-baik saja tapi kamu penasaran ingin mencoba air rendaman oatmeal sebagai cleanser, metode ini juga bisa kamu gunakan sebagai pengganti face wash di pagi hari.

Di forum FD sendiri, masih belum terlalu banyak yang menggunakan air rendaman oatmeal sebagai DIY cleanser. Mayoritas masih mencampurnya dengan teh hijau untuk madu atau dijadikan masker, atau memang dibawa ke bathtub sekalian dan dipakai berendam untuk seluruh tubuh. Yup, air rendaman oatmeal juga bisa dipakai untuk mengurangi kemerahan dari masalah kulit yang lebih serius seperti atopik dermatitis atau psoriasis.

Air Rendaman Oatmeal untuk Skincare?

Untuk mencoba air rendaman oatmeal sebagai pembersih, pastikan kamu menggunakan oatmeal polos yang nggak dicampur coklat, madu, atau perasa lainnya. Gunakan air hangat untuk merendam dan baru celupkan kapas ketika airnya sudah berubah menjadi putih. Air rendaman oatmeal ini bisa kamu simpan di kulkas, tapi jangan lupa untuk diganti setelah tiga-empat kali pemakaian.

Ada yang sudah coba DIY skincare hack ini? Apa efeknya di kulit kamu?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment