Cara Memilih Face Primer yang Cocok

Memakai primer sebelum foundation atau complexion products lainnya bisa membantu memaksimalkan hasil akhir makeup kamu. Berikut cara memilih face primer yang cocok.

Sesuai dengan berbagai macam skin concern, fungsi face primer juga terbagi-bagi. Ada yang untuk menyamarkan pori-pori, menghaluskan permukaan kulit, membuat kulit tampak lebih glowy, ataupun mengoreksi warna kulit di beberapa area. Memilih face primer yang cocok mungkin hampir mirip seperti memilih skincare, karena ada beberapa ingredients dan juga tekstur produk yang harus kamu perhatikan.

Menyamarkan Pori

Biasa dicari oleh pemilik kulit berminyak, primer dengan fungsi menyamarkan pori-pori dan menghaluskan kulit biasanya mengandung silikon. Di ingredients list-nya, coba cari yang mengandung bahan dengan akhiran “-one” seperti silicone, dimethicone, atau polymer. Kandungan ini punya fungsi smoothing effect dan membuat semacam lapisan yang membuat permukan kulit lebih rata sehingga foundation menempel dengan baik. Cocok juga untuk menahan minyak di kulit sehingga foundation nggak gampang luntur.

Lihat juga: Primer Kulit Berminyak di Bawah Rp 200 Ribu

Screen Shot 2018-03-30 at 6.12.53 AM

Memberikan Efek Dewy

Kalau kamu suka dengan tampilan foundation yang nggak matte dan terlihat glowing di beberapa area, primer juga bisa membantu. Untuk hasil dewy yang natural, biasanya dewy primer mengandung vitamin E yang bisa melembapkan kulit dan juga pearl extract untuk efek glow-from-within. Berbeda dengan blurring primer yang biasanya berbentuk gel atau paste yang langsung meresap, dewy primer biasanya berbentuk krim yang teksturnya hampir mirip pelembap. Ada juga dewy primer yang memiliki sedikit warna peach atau rose gold yang membuat efek dewy semakin maksimal.

Lihat juga: 3 Macam Primer untuk Glass Skin ala Korea

Meratakan Warna Kulit

Banyak yang bilang sebenarnya foundation full-coverage pada umumnya sudah bisa menutup dan meratakan warna kulit dengan baik. Tapi untuk beberapa kasus, ada yang tetap memilih menggunakan color-correcting primer untuk menetralkan warna lingkaran bawah mata yang sangat gelap dengan warna oranye, bekas jerawat merah dengan warna hijau, atau rona kuning di wajah yang agak kusam dengan warna ungu. Color-correcting ini tersedia dalam tekstur krim yang agak thick ataupun light cream yang ringan, dijual secara terpisah ataupun dalam satu makeup palette.

Meskipun dalam memilih primer sudah ada patokan-patokan tertentu, bukan berarti kamu nggak bisa mix and match primer sesuai hasil yang kamu inginkan. Cuma mau pakai primer silikon di t-zone aja dan justru mau terlihat dewy di area pipi? Silakan kombinasikan dua primer tersebut sesuai kebutuhan kamu. Menggunakan mattifying primer hanya di bagian pori-pori yang terlihat besar dan sisanya diakali dengan color-correcting primer juga oke. Yang penting kita tahu apa yang harus dipakai untuk bagian wajah tertentu. :D