banner-detik

travel

Skincare yang Harus Dipakai untuk Persiapan Traveling

seo-img-article

Untuk yang kulitnya sering breakout setiap habis naik pesawat, penggunaan beberapa skincare untuk persiapan traveling ini bisa dicoba.

Sering ngerasa lepek banget setiap turun dari pesawat, seberapa singkatpun perjalanan kamu? Ini sering banget terjadi pada saya yang punya kulit oily dan acne-prone. Kulit berminyak sih udah pasti, tapi kadang setiap turun pesawat minyaknya benar-benar berlebih, apalagi kalo waktu flight-nya pagi atau malam banget. Kurang istirahat, ditambah makanan yang kadang nggak terkontrol saat traveling, ditambah keringnya udara di pesawat bisa banget bikin kulit tambah berminyak yang ujungnya malah muncul jerawat.

Bentuk jerawatnya juga bukan jerawat kecil-kecil atau bruntusan biasa, tapi lebih ke cystic acne yang ukurannya besar. Dokter pun menyimpulkan bahwa cystic acne ini adalah hasil stress dari traveling, apalagi kalau kamu melewati zona waktu yang berbeda. Nah biasanya, internal stress ini lah yang jadi trigger terbesar munculnya jerawat.

FD sudah pernah bahas anti-acne hacks yang bisa kamu gunakan selama di pesawat. Tapi bagaimana dengan hari-hari menjelang keberangkatan?

Rajin eksfoliasi

Karena udara di pesawat sangat kering dan bisa bikin kulit tambah berminyak, ada baiknya untuk membuang sel-sel kulit mati tersebut beberapa hari menjelang naik pesawat. Pori-pori yang kotor, ditambah produksi sebum yang bertambah untuk mengkompensasi kekurangan hidrasi kulit bisa mengundang jerawat yang membengkak.

Screen Shot 2018-03-22 at 7.15.55 PM

Sheet mask

Nggak cuma harus rajin dieksfoliasi, kulit juga tetap harus dijaga moisture barrier-nya. Sehabis eksfoliasi kamu bisa kembali melembapkan kulit dengan menggunakan soothing sheet mask supaya saat bepergian nanti, kulit terbebas dari dry patches. Cari ingredients yang memang bisa menenangkan dan melembapkan kulit seperti aloe vera, green tea, honey, seaweed, dan lain-lain.

Bersihkan wajah kilat

Saya pernah berhasil menghindari breakout setiap habis terbang dengan cara membersihkan wajah sebelum naik pesawat. Memakai makeup saat naik pesawat semakin meningkatkan resiko kulit jadi kotor dan pori-pori tersumbat. Bisa dengan micellar water ataupun cleansing wipes, cara ini juga sekaligus memaksimalkan pembuangan sel kulit mati yang ada di permukaan kulit, jadi kalaupun kulit terasa berminyak, sel kulit mati ini nggak akan terlalu menumpuk dan menyumbat pori-pori. Berhubung di pesawat kelenjar minyak bisa memproduksi lebih banyak sebum, dengan membersihkan wajah seenggaknya kita sudah meminimalisir debu dan kotoran yang menempel di kulit.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment