banner-detik

beautiful people

Maya Melivyanti: Balance Diet Lebih Efektif Menurunkan Berat Badan

seo-img-article
Balance diet dengan makan karbo dan sedikit gula lebih efektif untuk menurunkan berat badan. Ini pengalaman Maya Melivyanti.
Mengintik akun health blogger Indonesia, Maya Melivyanti, saya malah semakin nggak pingin mengikuti program diet seperti plant based diet, diet paleo, diet mayo dan yang lagi populer yaitu diet keto. Maya Melivyanti atau yang dikenal sebagai @fitkitchen_, lagi jadi salah satu akun Instagram yang saya pantengin setiap hari. Soalnya di akun ini beda dari akun per-dietan lainnya, karena yang dikenalkan adalah balance diet yang lebih aman dan ampuh untuk menurunkan berat badan. Penasaran pingin tahu apa itu balance diet? Yuk, simak obrolan saya sama Maya Melivyanti.
Sejak kapan sih Mbak mulai diet?

“Sejak akhir tahun 2015, waktu itu saya memang sudah merasa kegemukan dan berat badan semakin naik semenjak melahirkan anak pertama di tahun 2013. Yang memicu saya untuk diet karena saya mengalami kolesterol tinggi dan suka sesak nafas di malam hari ketika hendak tidur, detak jantung juga tidak stabil, sehingga mengganggu kegiatan sehari – hari.”

Diet apa aja nih yang udah dicoba?
“Akhir 2015  saya mulai dengan diet “eat clean”, artinya makan banyak sayur, buah, lalu lauk juga dipanggang, direbus, nasi diganti dengan kentang, namun karena berat badan hanya turun sekitar 0,5 kg seminggu, saya pikir kok lama banget turunnya ya? Padahal berat badan saya waktu itu sekitar 92 kg-an, jadi saya mulai cara diet lain. Saat itu pola pikirnya masih belum benar, jadi carinya malah yang instan. Kemudian ketemu dengan diet keto, dan mencoba diet keto dari akhir 2015 sampai awal Januari 2016, dan berhasil turun 10 kg. Namun setelah itu stuck BB-nya dan kaki kiri saya bengkak dan sakit sekali saat zumba hampir tiap hari, jadi malah berhenti dietnya.”
Di  April 2017 saya memutuskan untuk berhenti dari diet keto. Mungkin buat saya, diet ini terlalu ketat dan tidak cocok dengan tubuh saya, jadi saya mencoba untuk makan dengan gizi seimbang saja.  Waktu itu pikirannya cuma mau memperbaiki asupan gizi dulu, dan nggak kepikir bakal bisa turunin BB lagi, tapi ternyata waktu saya makan dengan gizi seimbang dan memperbaiki asupan gizi, berat badan saya bisa turun lagi!”
Maya Melivyanti Balance Diet Lebih Baik untuk Menurunkan Berat Badan--3
Oh ya, balance diet tuh gimana sih maksudnya, Mbak?
“Sebenarnya balance diet itu adalah diet dengan gizi seimbang, jadi ini sebenarnya standar diet sehat yang diakui secara internasional dan juga di Indonesia disarankan oleh Kementrian Kesehatan. Seperti yang saya bilang di atas, ada makro nutrisi juga mikro nutrisi yang diperlukan tubuh, itu semua harus tercukupi. Makro nutrisi yaitu karbohidrat, protein , lemak dan mikro nutrisi seperti vitamin dan mineral bisa kita dapatkan dalam buah – buahan dan sayuran. Jadi balance diet itu tidak mengeliminasi salah satu nutrisi yang diperlukan tubuh, jadi tetap makan nasi, makan sayur , makan buah, gula dan garam, hanya porsinya saja dikurangi , makan makanan yang lebih alami , tidak melalui proses kimia berlebih, lebih memilih yang alami daripada yang instan.”
Maya Melivyanti Balance Diet Lebih Baik untuk Menurunkan Berat Badan-2
Menurut kamu apa sih keunggulan dari balance diet?
“Yang pertama pastinya menyehatkan tubuh karena kita mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan tubuh, yang kedua bisa dipertahankan jangka panjang pola makannya, jadi bukan seperti diet, tapi lebih ke perubahan pola makan dan gaya hidup.”
Wah, ternyata kuncinya kalau mau diet sehat memang nggak bisa mengikuti tren-tren diet yang lagi ramai diomongin. Balik lagi, semua itu harus disesuaikan dengan kondisi bandan dan juga pola pikir kita ketika ingin berdiet.
Psstt, mau punya cemilan sehat kaya Maya Melivyanti? Kamu bisa lho mampir ke Instagram @granola_fitkitchen_bandung, yang menyediakan granola yang lebih friendly dikonsumsi oleh kita yang lagi berjuang menurunkan berat badan!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment