banner-detik

acne blemishes

Wajib Tahu Sebelum Laser Kulit di Klinik

seo-img-article

Biasanya, perawatan ke dokter kulit disarankan juga untuk laser. Berikut obrolan singkat saya mengenai laser dan peeling bersama Dr. Kevin Maharis. 

Laser adalah perawatan untuk memperbaiki kerusakan kulit dengan mengirim gelombang cahaya singkat pada kulit. Kerusakan apa saja sih yang bisa diperbaiki dengan laser? Biasanya permasalahan jerawat, warna kulit yang tidak merata, garis halus dan juga dark spot. Makanya perawatan laser menjadi salah satu perawatan yang paling populer di klinik-klinik kecantikan. Karena satu treatment ini saja sudah bisa mengatasi berbagai permasalahan kulit.

Lalu bagaimana sih cara kerja laser ini sampai bisa memperbaiki permasalahan kulit di atas?

Cara kerja laser adalah memisahkan ikatan molekul dan menguapi sel-sel kulit, makanya setiap habis melakukan treatment ini ada yang namanya pengelupasan sel-sel kulit mati. Untuk perawatan ini nggak hanya lapisan luar saja yang diperbaiki, tapi lapisan dalam yaitu dermis juga akan dipanaskan untuk merangsang sel-sel kulit untuk memproduksi elastin, dan serat kolagen, sehingga mempercepat proses penyembuhan pada kulit.

Untuk tahu lebih dalam lagi mengenai treatment laser ini, kemarin saya ngobrol-ngobrol singkat dengan dr. Kevin Maharis, berikut obrolannya:

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Laser atau Peeling-female daily

Image Source: instagram.com/maharisclinic

Baca Juga: Pengalaman Laser dari Affi Assegaf

Sebenarnya fungsi laser itu untuk apa sih? Benar nggak laser jadi satu treatment yang bisa menyembuhkan segala macam permasalahan kulit?

“Tidak semua masalah kulit dapat diatasi degan laser, tapi memang sebagian besar masalah dermatologi kosmetika dapat ditangani dengan laser. Namun laser pun ada bermacam-macam tipenya jadi pemilihan laser harus yang tepat untuk setiap masalah kulit.”

Di umur berapa boleh melakukan laser?

“Dari SMA pun sudah boleh kalau masalahnya jerawat umumnya keluar di usia pubertas. Jadi perawatan laser pada pasien yang berjerawat ya, memang harus dilakukan sedini mungkin.”

Baca Juga: Konsultasi Kulit di Votre Peau Skin Institue

 

 

Hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan laser/peeling apa saja?

“Tiga hari sebelum dan setelah perawatan laser sebaiknya hindari exposure matahari berlebih dan pemakaian krim dokter. Untuk penggunaan makeup, olah raga dan berbagai macam aktivitas lainnya dapat dilanjutkan seperti biasa untuk tipe laser pada umumnya. Tapi kalau untuk tindakan laser ablative yang sifatnya terjadi pengelupasan hebat pada kulit, sebaiknya dikurangi.”

Common mistake yang dilakukan setelah laser kulit?

“Worry too much, hehe. Sometimes setelah laser terjadi mild redness/ irritation/ urticariamost of these things are normal and to be expected so is good not to over worry and enjoy the process and post laser glow up.

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment