Beautypedia: Shea Butter, Sahabat Kulit Kering dan Berminyak

Kandungan shea butter dikenal sebagai ampuh untuk mengatasi kulit kering, tapi bisa menyebabkan jerawat di kulit berminyak. Betulkah?

Kalau kamu sudah mengenal jenis-jenis pelembap, shea butter yang berasal dari lemak biji kacang di Afrika ini masuk dalam kategori emolient. Pelembap bersifat emollient berfungsi mengunci dan menahan kadar air dan minyak di kulit supaya nggak “menguap” keluar. It is also more “moisturizing” than “hydrating”.

Lihat juga: Beautypedia: Squalane Oil, Penyelamat Kulit Sensi dan Sensitif

VAN_8489Selain memiliki smoothing properties yang bagus untuk kulit kering, shea butter juga mengandung antioksidan yang bisa melawan efek penuaan pada kulit. Nggak heran kalau banyak sekali pelembap yang mengandung shea butter dengan jumlah tinggi karena shea butter juga kaya akan fatty acids. Gabungan beberapa fatty acids ini membantu menjaga skin barrier sekaligus melindungi kulit dari kemerahan dan juga iritasi.

Karena teksturnya yang padat, kandungan shea butter kadang butuh waktu beberapa lama untuk menyerap maksimal pada kulit. Tetapi begitu menyerap, shea butter juga membantu menyehatkan proses regenerasi sel dan menyuplai bermacam-macam vitamin yaitu vitamin A, vitamin E, dan vitamin D. Plus, shea butter juga punya kemampuan menyembuhkan luka seperti aloe vera, menjadikan ingredient ini juga cocok dipakai di kulit sensitif.

Lihat juga: Beautypedia: Natural Moisturizing Factor (NMF)

Lalu, apakah shea butter aman digunakan di kulit berminyak? Karena teksturnya yang rich dan sangat melembapkan, menggunakan shea butter di kulit berminyak memang harus berhati-hati. Efek melembapkannya sudah pasti ada, tapi takutnya malah menyumbat pori-pori dan membuat wajah semakin berminyak jika dipakai terlalu banyak.

Tapi, saya pribadi merasakan manfaat skincare yang tinggi shea butter waktu kulit lagi kering-keringnya saat sedang menggunakan retinoic acid. Skincare dengan shea butter berhasil nyelamatin kulit saya dari kekeringan dan flaky sana-sini seperti yang biasa terjadi saat pemakaian retinoic acid!

Ada yang sudah mencoba skincare dengan shea butter di kulit wajah? Atau hanya dipakai sebagai perawatan tubuh aja? Silakan share di comments, ya! :)