moisturizers

Ilmu Penting Tentang Pelembap yang Sering Dilupakan

seo-img-article

Pelembap adalah produk skincare paling basic (dan mungkin paling lama beredar) namun masih banyak yang salah pemahaman. Dua ilmu penting ini contohnya.

Semua info tentang pelembap sudah pernah dibahas di FD Little Notes. Meskipun fungsinya terdengar sederhana, melembapkan kulit, tetapi nyatanya masih banyak yang gambling soal cara kerja pelembap maupun mencari tekstur yang cocok. Apakah pelembap yang baik harus yang langsung menyerap di kulit? Apakah kita wajib pakai pelembap setiap hari? Berikut jawabannya.

1. Lengket = Bagus!

Seperti yang disebutkan di awal tadi, tugas pelembap adalah melembapkan kulit. Kulit yang lembap adalah kulit yang kandungan airnya cukup dan punya kemampuan untuk mengunci air ini agar tetap ada di dalam kulit. Dua fungsi ini disebut juga hydrating dan moisturizing, yang tentunya bisa kamu dapatkan dengan berbagai macam jenis pelembap.

Teori yang seringkali misleading adalah pelembap harus selalu langsung menyerap di kulit tanpa meninggalkan jejak, padahal idealnya pelembap yang baik haruslah memberikan kelembapan yang cukup, sehingga sedikit rasa lengket masih tidak apa-apa. Justru kalau produknya langsung menyerap tanpa bekas, harus dipertanyakan lagi efektivitasnya, apakah kemampuan melembapkannya cukup atau tidak. If it’s too tacky for daytime, you can always put loose powder on top!

nivea32

2. Jangan Pernah Skip!

Pelembap adalah produk skincare yang jangan pernah dilewatkan, apapun kondisi kulitmu. Kulit kita nggak harus mendapatkan UV protection, anti-aging ingredients, atau eksfoliasi setiap hari, tapi kulit kita perlu kelembapan 24 jam. Bahkan saat lagi breakout atau iritasi pun, dimana saya banyak dengar orang takut pakai pelembap, harusnya pelembap justru sedia setiap saat. Saya percaya banget dengan kata-kata Liah Yoo yang bilang bahwa “once you start properly moisturizing your face, you’ll see a dramatic different.”

Kuncinya hanya satu, nggak peduli apapun produknya, mau itu pelembap berbentuk gel, cream, lotion, atau essence, selama efek melembapkannya benar-benar terasa dan nggak membuat kulit justru jadi tambah berminyak, maka kamu sudah melembapkan kulit dengan baik.

Lihat juga: Beauty Trend: Honey Skin dan Glass Skin ala Korea

Slow Down

Please wait a moment to post another comment