acne blemishes

Jenis-Jenis Obat Jerawat yang Kamu Wajib Tahu

seo-img-article

Ada banyak sekali jenis obat jerawat yang tersedia dalam berbagai formula dan bentuk. Mana yang paling cocok buat kamu?

Apapun jenis jerawat kamu, baik itu bruntusan, jerawat normal, atau cystic acne sekalipun, pasti kamu pernah menggunakan obat totol jerawat untuk menghilangkannya. Sama seperti skincare lainnya, tentu nggak ada one-size-fits-all untuk obat totol jerawat, karena fungsi masing-masing ingredient-nya pun berbeda. Kalau kamu masih bingung kira-kira obat totol jerawat mana yang cocok dengan jenis jerawat kamu, berikut panduannya.

Lihat juga: Metode Redakan Jerawat dengan Repairing Cream

Spot Treatment – Benzoyl Peroxide

effaclar duo-sideNggak mungkin kita bicara tentang obat totol jerawat tanpa menyebut benzoyl peroxide. Benzoyl peroxide adalah topical acne treatment yang sudah terbukti bisa membantu mengatasi jerawat karena fungsi anti-bacterial nya yang bisa membasmi bakter p.acnes penyebab jerawat. Benzoyl peroxide juga banyak digunakan dalam obat jerawat drugstore, jadi untuk kamu yang nggak mau splurge terlalu banyak untuk obat totol jerawat, ada banyak banget pilihan obat totol terjangkau yang mengandung benzoyl peroxide.

Obat totol jenis ini cenderung untuk jerawat medium dengan “mata” dan bukan jenis cystic. Meskipun efek sampingnya adalah kulit menjadi kering, tetapi menotol benzoyl peroxide di ujung jerawat yang sudah mau pecah ataupun bibit jerawat yang baru mau muncul bisa membantu mengurangi inflamasi dan mencegahnya muncul lagi.

Drying Lotion

drying lotionMerupakan obat jerawat andalan Kylie Jenner, drying lotion yang biasanya berbentuk cairan bening dan pink ini mengandung bahan utama sulfur yang memang sudah dikenal efektif mengeringkan jerawat sejak lama. Sama seperti benzoyl peroxide, sulfur lebih direkomendasikan untuk jenis jerawat yang ringan sampai medium dengan masalah kelebihan minyak. Kandungan mineral dalam sulfur bisa membantu eksfoliasi kulit dan meluruhkan sel kulit mati yang berpotensi menyumbat pori-pori.

Face Oil

oil acneTea tree oil, tamanu oil, grapeseed oil, rosehip seed oil adalah beberapa jenis oil yang sering digunakan sebagai acne treatment. Salah satu kelebihan oil jika digunakan sebagai obat totol jerawat adalah tidakmengeringkan. Oil-oil ini banyak memiliki fungsi anti-inflamasi dan antibacterial yang bisa meredakan peradangan jerawat sekaligus menyamarkan bekasnya.

Menggunakan oil sebagai obat totol jerawat adalah salah satu gentle approach karena mereka bekerja tanpa mengeringkan, mengeksfoliasi, atau menyerap minyak pada kulit. Metode ini dinilai aman untuk kulit yang nggak terlalu bermasalah dengan minyak berlebih seperti seperti kulit kombinasi maupun sensitif, tapi hati-hati untuk kulit berminyak karena takutnya penggunaan oil ini malah bikin pori-pori tersumbat.

Pimple Patch

nexcareDibandingkan produk-produk sebelumnya, manfaat pimple patch lebih untuk mencegah bakteri dan kotoran masuk ke dalam jerawat ataupun “lubang” jerawat yang baru pecah. Selain itu, fungsi lainnya adalah menahan cystic acne yang sering meradang supaya nggak tumbuh terlalu besar. Biasanya, terdapat salicylic acid atau BHA dalam konsentrasi rendah supaya manfaat skincare-nya juga tetap ada.

Makeup – Skincare Hybrid

ponds

Sekarang ini juga sudah banyak concealer yang mengandung salicylic acid supaya bisa menutupi sekaligus merawat jerawatnya. Ochell sudah pernah mencoba concealer jerawat ini dan ternyata puas banget dengan hasilnya. Walaupun target produknya sebenarnya tetap fokus sebagai concealer, tapi concealer-spot treatment hybrid ini bisa alternatif kalau kamu memang merasa membutuhkan skincare ekstra pada makeup sehari-hari.

nadiladara

nadiladara

Dara enjoys reading true crime stories, trying out brow products, and eating Nutella with just about everything. When she's not Googling Jon Snow pictures, she watches thriller movies and secretly listens to Zayn Malik.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment