banner-detik

bath n body

Diet Santai yang Bikin Saya lebih Kurus dan Fit

seo-img-article

Setiap nongol di video, banyak yang bilang saya kurusan dan banyak yang nanyain diet plan saya. Jadi, kali ini saya mau sedikit sharing tips diet santai tapi ampuh bikin badan kurusan.

Jadi beberapa bulan lalu saya sering banget sakit-sakitan. Entah itu batuk pilek, pusing, cepet meriang dan ditambah telapak kaki saya yang  mudah sakit. Kalau sering sakit sih, saya nggak tahu penyebabnya apa, soalnya kesibukannya sama-sama aja, dan jadwal tidur pun nggak berubah sama sekali. Tapi kalau kaki sakit sih alasannya karena saya sudah obesitas, berat badan saya itu kurang lebih 80 kg dengan tinggi 157 cm saja.

Setelah dipikir-pikir kayanya pola makan dan berat badan saya inilah yang bikin saya cepet sakit. Akhirnya saya nyari solusi untuk mengurangi makan, tapi yang nggak terlalu ketat. Soalnya saya semakin dikekang atau diberikan rules yang terlalu ketat, malah bakalan saya lawan terus. Makanya semua diet plan seperti Keto atau Mayo nggak akan ngaruh di saya. Maka dari itu, saya bikin aturan diet sendiri yang lebih cocok di diri saya.

Oh ya, di sini saya mau diet dan mengurangi makan bukan karena mengejar badan yang kurus. Well, kalau kurus ya saya hitung bonus aja sih. Jadi sekarang saya mengurangi makan sebenarnya lebih ingin badan yang sehat, nggak cepat lelah atau cepat ngantuk.

Baca Juga: Pupu Paula Soal Tato & Diet Plant Based Diet

Diet Santai untuk Badan Fit-2

Lalu apa diet plan saya selama sebulan kemarin?
Jadi, saya itu suka banget minum kopi susu yang lagi tren sekarang. Saking sukanya, setiap hari harus minum satu gelas atau bahkan dua gelas kopi susu. Terus ditambah saya suka pulang malam di kantor, yang akibatnya jadi jajan makan malam karena mulut gatel pengen makan, padahal perut nggak laper-laper amat.

Akhirnya saya bikin rules sendiri, yang nggak terlalu ketat tapi ampuh bikin badan saya enakan. Jadi aturannya adalah, siang hari saya bebas makan apapun dengan jumlah yang saya mau, intinya sampai perut kenyang. Lalu saya boleh minum kopi susu, tapi dengan aturan kalau malam hari laper, hanya makan lauk saja seperti dada ayam saja.

Baca Juga: 4 Hal yang Bikin Diet Gagal

Itu rule pertama yang saya terapkan selama kurang lebih dua minggu. Setelah badan saya sudah menyesuaikan, baru levelnya saya naikkan, dengan membatasi jumlah konsumsi nasi di siang hari. Kenapa saya buat bertahap? Supaya badan saya nggak kaget dan nantinya malah membabi buta setelah berat badan turun. Hasilnya? Di siang hari, saya lebih bisa membatasi jumlah nasi yang saya konsumsi. Secara nggak sadar saya malah lebih merasa cepat kenyang dan nggak menghabiskan porsi nasi biasa.

Nah, saya sih nggak ngerasa badan kurus, cuman yang langsung saya rasakan adalah badan jadi lebih enak, enteng dan nggak mudah lelah. Dan setelahnya saya lebih bisa kontrol diri untuk makanan yang saya inginkan. Tapi banyak banget yang bilang saya kurusan, mungkin itu bonusnya kali ya :D.

Jadi intinya, ketika kamu diet jangan mematok atau maksa untuk ikut rules diet sana dan sini. Kenalin dulu badan kamu seperti apa? Just listen to your body, dan nanti kamu bakalan nemuin jenis diet yang pas dengan kamu.

Selamat mencoba :).

Slow Down

Please wait a moment to post another comment