Nyobain Skincare Urban Decay Meltdown

Kualitas makeup-nya nggak usah dipertanyakan, gimana performa skincare Urban Decay?

Minggu lalu, FD dapet kiriman beberapa sample makeup dan skincare. Salah satunya adalah Urban Decay Meltdown Makeup Remover Dissolving Spray, yang langsung saya coba keesokan harinya. Kenapa saya penasaran banget nyobain produk ini?

Pertama, kandungan Urban Decay Meltdown Makeup Remover Dissolving Spray ini cuma terdiri dari tiga komposisi: dua jenis silikon dan vitamin E. Saya pingin membuktikan keampuhan komposisi sederhana ini, yang katanya bisa mengangkat maskara waterproof dan liquid lipstick Urban Decay Vice dalam sekali usap.

Kedua, tentu karena cara promo Urban Decay terhadap lini skincare Rehab dan Meltdown yang melibatkan para drag queens. Kesannya meyakinkan banget, ya? Secara makeup drag queen mungkin sama tebalnya dengan makeup nganten, belum lagi pigmen-pigmen dari produk contour atau face paint mereka pastinya butuh diangkat dengan remover yang OK. Kalau skincare Urban Decay ampuh di lenongan drag queen, harusnya super ampuh di makeup standar saya, dong?

urban-decay-meltdown-spray-skincare-review-1

Klaim produk ini sendiri cukup tinggi. Dikutip dari web:

“Formulated to easily remove even the most stubborn waterproof makeup. Nonirritating, nourishing ingredients leave skin clean, refreshed and without a trace of makeup. Meltdown hydrates, yet never leaves a greasy residue.”

Tekstur produknya seperti dry oil, dan nyaris nggak berbau. Kalo usaha banget ngendus-ngendus, bakal kecium wangi floral lembut, walau produk ini fragrance free. Petunjuk penggunaannya sih disemprot ke kapas, lalu diusap langsung ke wajah. Basically seperti kita mau pakai micellar water, hanya bedanya nggak dituang.

Melihat betapa halus hasil semprotan yang keluar dari botol, saya inisiatif pakai cara sendiri (yang ternayata berbekal googling, juga dilakukan banyak orang dengan produk ini) , yaitu produk langsung disemprot ke wajah, baru diusap dengan kapas.

review-urban-decay-meltdown-spray-1

Before-after. Eyeliner waterproof sama sekali nggak keangkat, dan lipstick long wearing juga nggak terangkat bersih.

Saya butuh banyak banget kapas sampai semua foundation, bedak dan blush saya terangkat bersih, at least visually. Gumpalan maskara waterproof pun banyak tersisa, walau udah saya pijat perlahan dengan jari. Bekas liquid lipstick juga masih berbayang di bibir saya. Dan saat saya coba seka wajah dengan kapas + micellar water, sebelum lanjut dengan facial wash, masih banyak makeup yang menempel, tanda bahwa pembersih sebelumnya kurang efektif :( Kayaknya, belum pernah saya pakai kapas sebanyak itu untuk ngangkat makeup.

Bertolak belakang dengan klaimnya, pasca membersihkan wajah pun muka saya terasa greasy. I’m so sorry Urban Decay, tapi cleansing milk atau cleansing oil saya yang biasa jelas bekerja lebih ampuh. I wonder, kalau aja model kemasannya bukan spray, tapi botol tuang biasa, mungkin hasilnya akan lebih maksimal karena jumlah produk yang keluar akan lebih pas?

Yah, mungkin next time, produk ini bakal saya pakai kalau saya cuma pakai bedak tabur aja, dan tetap pakai eye-lip makeup remover untuk area mata dan bibir. Yang saya suka dari Urban Decay Meltdown Makeup Remover Dissolving Spray ini adalah nggak harsh di kulit, dan memang nggak menimbulkan reaksi negatif di kulit sensitif-acne prone saya.