skin care

4 Kesalahan Umum Saat Membersihkan Wajah

seo-img-article

Cleansing adalah tahap skincare yang utama dan paling penting. Tapi, apakah kamu malah melakukan salah satu kesalahan ini saat membersihkan wajah?

Kesalahan #1: Air yang Digunakan Terlalu Panas/ Dingin

Mungkin kamu pernah mendengar “petuah” kalau membasuh muka dengan air panas dapat membuka pori-pori. Sebenarnya, pori-pori tidak memiliki otot untuk membuka dan menutup. Air panas malah akan melucuti sebum alami dan membuat kulit kering dan iritasi, sedangkan air yang terlalu dingin juga kurang efektif dalam menghilangkan sebum berlebih, yang dapat mengakibatkan pori-pori tersumbat. Kesimpulannya? Just keep everything in moderation, termaksud suhu air saat membersihkan wajah.

Kesalahan membersihkan wajah

Baca juga: Cuci Muka Dengan Air Hangat Bikin Jerawatan

Kesalahan #2: Mau yang Praktis-Praktis

Double cleansing seharusnya sudah menjadi ritual yang “mendarah-daging”, tapi masih banyak yang malas atau nggak mengerti pentingnya langkah dasar ini. Untuk benar-benar membersihkan makeup, sunscreen, kotoran dan debu, menggunakan satu jenis cleanser saja nggak akan cukup. Kalau kamu hanya menggunakan makeup wipes atau micellar water, dan membilas wajah hanya dengan air, jangan terkejut kalau jerawat suka singgah di wajah!

membersihkan wajah kesalahan 1Kesalahan #3: Menggunakan Terlalu Banyak Produk

Tapi, menggunakan terlalu banyak produk untuk membersihkan wajah juga nggak bagus untuk kulit lho. Contohnya nih, saya tahu beberapa orang yang suka go overboard, dan setelah double cleansing, dilanjut lagi dengan micellar water untuk “mengangkat sisa-sisa kotoran”, dan scrub wajah. Padahal, cleansing itu ada tahap skincare yang paling mengusik keseimbangan kulit, dan dapat mengganggu moisture barrier.

Baca juga: Inilah 4 Pembersih Wajah dengan pH Rendah

Kesalahan #4: Menggosok Wajah Terlalu Kasar

Hindari membersihkan wajah dengan cara menarik atau menggosok dengan kasar, baik saat menggunakan cleanser atau pun saat mengeringkan wajah. Nggak mau kan, muncul garis-garis halus atau keriput di wajah sebelum waktunya?

Nah, itulah beberapa kesalahan umum yang dilakukan banyak orang saat membersihkan wajah. Make sure kamu nggak melakukannya kesalahan-kesalahan ini ya! smile

Slow Down

Please wait a moment to post another comment