banner-detik

tools

Cara Membersihkan Alat Catok Rambut

seo-img-article

Bukan hanya makeup brushes, catok rambut juga wajib dibersihkan lho! Inilah cara mudah membersihkan alat catok supaya lebih awet dan tidak merusak rambut.

Walaupun banyak yang mencatok rambut hampir setiap hari, saya yakin banyak juga yang masih jarang atau tidak pernah membersihkan alat catokan-nya. Myself included razz, sampai saya tahu betapa pentingnya membersihkan catokan rambut. Tahu nggak kalau produk-produk rambut seperti heat protector, hair vitamin ataupun dry shampoo yang digunakan sebelum mencatok dapat meninggalkan residu yang dapat menempel pada rambut? Dicampur lagi dengan debu dan kotoran yang dapat melekat ke alat catokan… hiiii, gimana rambut nggak kotor dan berminyak terus?

rambut berminyak 2Baca juga: 3 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Memakai Alat Catok Rambut

Nah, untuk menjaga kebersihan rambut dan juga menjaga catokan biar lebih awet, ikuti saja step-step mudah membersihkan alat catok rambut berikut.

Panaskan catokan

Sebelum dibersihkan, panaskan alat catok terlebih dahulu. Catokan yang panas dapat membantu melelehkan penumpukan produk, sehingga memudahkan proses pembersihan. Nggak perlu memanaskan alat catok sampai panas banget, sedikit panas saja sudah cukup kok, yang penting masih safe to touch biar lebih gampang dibersihkan nanti. Setelah cukup hangat, matikan catokan, dan periksa ulang untuk memastikan alat catok tidak lagi terhubung ke colokan listrik.

Gunakan alcohol, cotton pads dan cotton buds

Tuangkan sedikit alkohol ke cotton pads atau kain yang bersih, lalu usap-usap plat catok dengan lembut. Gunakan cotton buds + alkohol untuk membersihkan pinggiran alat catok. Hati-hati saat membersihkan untuk tidak mengores plat catokan ya.

membersihkan catokan rambutBaca juga: Wajib Tahu: 3 Jenis Plat Alat Catok Rambut

Bersihkan alat catok at least sebulan sekali

Kalau ada banyak penumpukan produk di platnya, alat catok tidak akan bekerja dengan baik sehingga hasilnya kurang maksimal dan semakin sulit untuk menata rambut. Untuk mencegah hal ini, banyak yang menyarankan untuk membersihkan alat catok setiap kali setelah digunakan. I know, I know. Pasti banyak yang tidak mungkin bisa serajin itu (me included, again). Tapi, karena buildup di alat catok dapat merusak rambut, solusi saya adalah mengurangi penggunaan hair products, dan membersihkan catokan at least (ini pun sudah semalas-malasnya ya) once a month.

Sekarang sudah tahu kan, cara membersihkan alat catok rambut? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya! biggrin

Slow Down

Please wait a moment to post another comment