banner-detik

beautypedia

Manfaat Madu Manuka untuk Kulit

seo-img-article

Madu Manuka terkenal bagus untuk kesehatan karena dapat mencegah tubuh dari berbagai penyakit. Nggak hanya untuk dikonsumsi, madu Manuka juga bagus untuk skincare.

Madu Manuka dihasilkan lebah dari bunga Manuka yang hanya tumbuh di New Zealand dan Australia. Yang memisahkan madu Manuka dari madu lainnya adalah kandungan UMF (Unique Manuka Factor) yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan mempercepat penyembuhan. Inilah yang membuat madu Manuka sangat efektif dalam mengobati luka dan mengatasi berbagai penyakit infeksi dan radang kulit.

jar of honey with honeycomb and lavander flowersFoto: anappleaday.net.au

Madu Manuka dihasilkan lebah dari bunga Manuka yang hanya tumbuh di New Zealand dan Australia. Yang memisahkan madu Manuka dari madu lainnya adalah kandungan UMF (Unique Manuka Factor) yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan mempercepat penyembuhan. Inilah yang membuat madu Manuka sangat efektif dalam mengobati luka dan mengatasi berbagai penyakit infeksi dan radang kulit.

Walaupun belum booming di Indonesia, madu Manuka sangat diminati di negara lain lho, sampai sering menjadi barang curian di Australia dan UK . Mungkin ini dikarenakan harganya yang jauh lebih mahal dari madu biasa, dan rarity value karena susah dicari di beberapa negara, termaksud Indonesia. Madu Manuka asli di Indonesia biasa dijual di supermarket besar, atau online shop dengan harga ratusan ribu sampai jutaan. But thankfully, sudah ada beberapa beauty brands yang menawarkan khasiat manuka honey di skincare products mereka. Beberapa produk ini adalah Innisfree It’s Real Squeeze Mask Manuka HoneyAntipodes Aura Manuka Honey Mask dan yang terbaru Kiehl’s Vitality Skin Renewing Cream.

manuka honey3

With beauty brands continuously jumping in the “Manuka honey” bandwagon, jadi kepingin tahu kan, sebenarnya manfaat Manuka honey untuk kulit apa aja sih?

Menghilangkan Jerawat

Madu Manuka memiliki kandungan anti-bakteri methylglyoxal yang efektif dalam mengurangi jerawat dan peradangan. Karena itu, madu ini dapat dipakai seperti spot treatment dan dioles ke daerah yang bermasalah. Untuk jerawat, biasanya disarankan untuk menggunakan manuka honey dengan UMF 12+ atau lebih. Basically, semakin tinggi UMF yang tertera, semakin kuat anti-bakteri yang ada di madu.

Menjaga pelembaban Kulit

Madu Manuka juga adalah natural humectant yang membantu agar kelembapan alami kulit tetap terjaga. Gunakan saja madu Manuka seperti face mask biasa, dan oleskan tipis-tipis ke wajah. Diamkan 15-20 menit, lalu bilas muka dengan air hangat. Kulit akan terasa lebih lembap dan dewy, dan hasilnya nggak kalah kok sama sheet masks andalan!

Menghilangkan Bekas Luka

Madu memang sudah lama digunakan untuk mengobati luka dan bekas luka. Tapi, yang membuat madu Manuka lebih spesial lagi adalah efek antimicrobial nya yang jauh lebih tinggi dari madu biasa. Studi yang pernah dilakukan membuktikan bahwa madu Manuka dapat mempercepat proses regenerasi kulit dan memperbaiki kerusakan sel dengan lebih efektif. Untuk yang sedang mencari cara menghilangkan bekas luka, manuka honey is your skin’s new best friend!

Anti-Aging

Last but not the least, everyone’s favourite word: Anti-aging. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam Manuka honey dapat membantu melawan efek negatif dari akumulasi radikal bebas, seperti kerusakan sel dan penuaan dini. Madu Manuka juga kaya akan asam amino yang dibutuhkan kulit untuk membentuk kolagen, memperkuat jaringan kulit dan meningkatkan elastisitas yang dibutuhkan untuk menjaga kulit tampak muda selalu.

Baca juga: Manfaat Antioksidan untuk Kulit

Nah, setelah membaca manfaat-manfaat madu ini untuk kulit, jadi tertarik untuk menambahkan manuka honey ke skincare routine kamu kan?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment