banner-detik

dark spots brightening

Beautypedia: Fungsi dan Keunggulan Arbutin

seo-img-article

Satu kandungan yang terkenal untuk mencerahkan kulit adalah arbutin. Yuk, kenalan lebih lanjut mengenai fungsi dan keunggulan arbutin.

Kandungan arbutin dikenal sebagai pencerah wajah. Yang pertama kali mengenalkan kandungan ini adalah Shiseido dalam rangkaian produk Whitess Essence. Kalau kamu pengguna produk skincare dari Jepang pasti sudah sering melihatkan tulisan arbutin, alpha arbutin atau beta arbutin di kemasan-kemasannya, salah satunya yang familiar di Indonesia adalah Hada Labo.

Nah, sebelum saya memberikan rekomendasi produk skincare yang mengandung arbutin, kenalan lebih dahulu yuk, dengan bahan satu ini.

Arbutin

Arbutin adalah ektrak dari buah bearberry. Fungsi arbutin sendiri untuk menekan pertumbuhan tyrosinase atau warna pigment cokelat yang dihasilkan sel melanosit. Jika sel ini terkena papran sinar UV, maka akan menjadi bintik hitam atau freckles. Jadi disaat kulit terpapar sinar UV, di situlah arbutin bekerja untuk memblok terjadinya melanin dan penggelapan warna kulit.

Jadi memang fungsi utama arbutin adalah sebagai kandungan yang bisa mencerahkan dan meratakan kulit secara efektif, namun lebih aman dibandingkan saudaranya yaitu hydroquinon. Yes, arbutin adalah turunan dari hydronquinon, yang jika digunakan dalam jangka waktu panjang bisa merusak kulit. Sedangkan arbutin, hanya mencegah pertumbuhan tyrosinase, jadi memang cara bekerjanya nggak seagresif hydroquinon.

Arbutin yang ada di pasaran dibagi menjadi dua yaitu Alpha Arbutin dan Beta Arbutin. Apa bedanya? Alpha Arbutin memang terbukti bekerja lebih ampuh dalam masalah mencerahkan, meratakan warna kulit dan lebih stabil dibandingkan Beta Arbutin.

arbutin2

Bagi kamu yang memiliki kulit kering, tetap bisa menggunakan kandungan ini karena arbutin nggak akan membuat kulit kamu terasa kering seperti kandungan pencerah kulit lainnya. Salah satu skincare dengan kandungan arbutin yang sudah saya coba adalah The Ordinary Alpha Arbutin 2% + Ha, but I will elaborate my review about this product in other post. 

Baca juga: 3 Cara Mencerahkan Wajah dengan Makeup

Last note from me, arbutin di sini bukan sebagai bahan yang ampuh bikin kulit menjadi putih ya. Tapi fungsinya sebagai kandungan yang membuat kulit kita terlihat lebih cerah merata, memudarkan bintik hitam, acne scar atau hyper pigmentation pada kulit. So, jangan beranggapan kalau kandungan ini bisa membuat skintone kulit kamu jadi putih :).

Slow Down

Please wait a moment to post another comment